Surat Ali Imran Ayat 159 Arab Latin dan Terjemahannya

Surat Ali Imran Ayat 159 Arab Latin dan Terjemahannya

Surat Ali Imran Ayat 159 – Surat ali imran adalah surat ke 3 dalam Al-Quran. surah ini terdiri dari 200 ayat dan menjelaskan berbagai macam persoalan. dan khusus yang akan dibahas kali ini adalah ayat yang ke 159. ayat ini menjelaskan tentang akhlak, musyawarah dan tawakal.

So, dibawah ini informasi tentang bacaan surat ali imran ayat 159 dalam versi lafadz arab dan latin beserta terjemahan bahasa indonesia lengkap beserta tafsir dari ayat tersebut.

Surat Ali Imran Ayat 159
Surat Ali Imran 159

Surat Ali Imran Ayat 159

Lafadz Arab :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ فَٱعْفُ عَنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى ٱلْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَوَكِّلِينَ

Tulisan Latin :

Fabimaa rahmatin minallahi linta lahum wa lau kunta fazh-zhan ghaliizhal qalbi laanfadh-dhuu min haulika faa’fu ‘anhum waastaghfir lahum wa syaawirhum fiil amri fa-idzaa ‘azamta fatawakkal ‘alallahi innallaha yuhibbul mutawakkiliin

Artinya :

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 159 (Tafsir Jalalayn)

(Maka berkat) ma merupakan tambahan (rahmat dari Allah kamu menjadi lemah lembut) hai Muhammad (kepada mereka) sehingga kamu hadapi pelanggaran mereka terhadap perintahmu itu dengan sikap lunak. (dan sekiranya kamu bersikap keras) artinya akhlakmu jelek tidak terpuji (dan berhati kasar) hingga kamu mengambil tindakan keras terhadap mereka (tentulah mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu, maka maafkanlah mereka) atas kesalahan yang mereka perbuat (dan mintakanlah ampunan bagi mereka) atas kesalahan-kesalahan itu hingga Kuampuni. (serta berundinglah dengan mereka) artinya mintalah pendapat atau buah pikiran mereka (mengenai urusan itu) yakni urusan peperangan dan lain-lain demi mengambil hati mereka, dan agar umat meniru sunah dan jejak langkahmu, maka Rasulullah saw Banyak bermusyawarah dengan mereka. (Kemudian apabila kamu telah berketetapan hati) untuk melaksanakan apa yang kamu kehendaki setelah bermusyawarah itu. (maka bertawakallah kepada Allah) artinya percayalah kepada-Nya. (Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal) kepada-Nya.

Itulah artikel tentang surat ali imran ayat 159 arab latin dan artinya. Semoga bermanfaat serta membuat kita paham makna sesungguhnya dari ayat Al-Quran yang kita baca. dengan begitu selain pahala membaca dan mendengarkan. kita juga bisa mempraktekkan isinya. wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar