Sholawat Tarhim Subuh Sebelum Adzan dan Artinya

Sholawat Tarhim Subuh Sebelum Adzan dan Artinya

Saat pagi hari sebelum menjelang adzan subuh, kita biasa mendengar lantunan shalawat di berbagai masjid dan musholla. Sholawat tersebut bernama sholawat tarhim. Diperdengarkan sembari menunggu datangnya waktu adzan shubuh terutama saat ramadhan dan waktu sahur. Beberapa tahun yang lalu, shalawat ini bahkan didengungkan hampir di seluruh mushalla dan masjid di berbagai pelosok indonesia.

Saking populernya, mungkin banyak diantara kita yang sudah hafal diluar kepala karena hampir setiap pagi kita mendengarnya. Namun kini sudah tidak seperti dahulu lagi karena sudah mulai berkurang intensitasnya. Dan memang jika diperhatikan shalawat tarhim ini sangat merdu dan enak didengar. Artinya pun sangat bagus dan penuh makna.

Sholawat Tarhim Subuh

Dan berikut ini teks bacaan sholawat tarhim subuh lengkap dalam lafadz bahasa arab dan terjemahan indonesianya agar kita paham apa isi kandungan dari sholawat yang kita baca.

Sholawat Tarhim Subuh

 الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَاإمَامَ الْمُجَاهِدِيْنَ , يَارَسُوْلَ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَانَاصِرَ اْلهُدَى , يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَانَاصِرَ الْحَقِّ يَارَسُوْلَ اللهْ • الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ , يَامَنْ اَسْرَى بِكَ مُهَيْمِنُ لَيْلًا نِلْتَ , مَا نِلْتَ وَالأَنَامُ نِيَامْ وَتَقَدَّمْتَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّ كُلُّ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاَنْتَ الْإِمَامْ وَاِلَى الْمُنْتَهَى رُفِعْتَ كَرِيْمًا وَ سَمِعْتَ نِدَاءً عَلَيْكَ السَّلَامْ , يَا كَرِمَ الْأَخْلَاقْ , يَارَسُوْلَ اللهْ , صَلىَ اللهُ عَلَيْكَ , وَ عَلىَ عَلِكَ وَ اَصْحَابِكَ أجْمَعِيْن

Artinya : Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulullah Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu Duhai penolong kebenaran, ya Rasulullah Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu dan engkau menjadi imam Engkau diberangkatkan ke Sidratul Muntaha karena kemulianmu dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasulullah Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu.

Demikianlah bacaan sholawat tarhim subuh yang sering kita dengar di pagi hari. Semoga bermanfaat dan kita dijadikan orang yang gemar bershalawat kepada Rasulullah SAW.

Tinggalkan komentar