Niat Shalat Witir

Niat Shalat Witir yang Benar Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai niat shalat witir 1 rakaar dan niat sholat witir 2 rakaat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Akan di share juga lafadz niatnya baik sebagai makmum, imam atau saat shalat sendirian.

Terkadang saat akan melaksanakan sholat witir kita tidak mengerti bagaimana bacaan niatnya yang benar. Apalagi shalat witir bisa dikerjakan dengan hitungan rokaat yang berbeda-beda. Tentu lafadz niat sholat witir pun akan berbeda tergantung berapa rakaat yang akan kita kerjakan. Belum lagi apakah kita sebagai imam atau makmum, tentu juga berbeda bacaannya.

Shalat witir sendiri adalah shalat malam yang dikerjakan pada rentang waktu setelah isyak hingga sebelum subuh. Jadi bisa dikerjakan setelah sholat tarawih atau setelah sholat tahajjud misalnya.Berikut ini hadits Nabi Muhammad SAW tentang sholat witir :

عَنِ ابْنِ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:اِجْعَلُوااْلوِتْرَاٰخِرَصَلاَتِكُمْ
رواه البخارومسلم

Artinya: Dari Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda,” jadikanlah sholat Witir sebagai penutup sholatmu di waktu malam” (H.R Bukhari dan Muslim)

Bilangan rakaat shalat witir ganjil dan maksimal 11 rakaat. Jadi bisa dikerjakan 1, 3, 5, 7, 9, dan 11 rakaat sesuai kemampuan. Hukumnya adalah sunnah muakad sehingga sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Namun sayang sekali sholat witir sering luput dan jarang dikerjakan kecuali pada saat bulan ramadhan saja. Padahal Rasulullah sangat menganjurkannya.

Apakah niatnya berbeda dengan shalat lainnya, jawabannya adalah tidak,. Lafadz niatnya adalah sama seperti yang biasa kita baca pada saat shalat wajib. Hanya ada satu dua kata saja yang harus kita ganti sehingga saya yakin anda tidak akan kesulitan dalam menghafalnya.

Dan untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini lafadz niat shalat witir 1 rakaat satu kali salam dan niat sholat witir 2 rakaat satu kali salam yang benar lengkap dalam teks arab, tulisan latin serta terjemahan bahasa indonesianya agar kita paham apa yang kita baca.

Niat Shalat Witir yang Benar Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Niat Sholat Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Shunnatal witri rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an makmuman lillaahi ta’ala

Artinya : Saya niat sholat witir dua raka’at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Shunnatal witri rak’atan mustaqbilal qiblati adaa’an makmuman lillaahi ta’ala

Artinya : Saya niat sholat witir satu raka’at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala

Catatan : Jika kita bertindak sebagai imam saat mengerjakan sholat witir, maka lafadz “makmuman” diganti dengan “Imaman“.

Itulah teks bacaan niat sholat witir yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan kita dijadikan hamba yang istiqomah mengerjakan shalat sunnah witir setiap malamnya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar