Niat Shalat Tahiyatul Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Niat Shalat Tahiyatul Masjid Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini penting untuk diketahui bagi anda yang akan melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat ketika masuk masjid atau disebut shalat tahiyatul masjid.

niat shalat tahiyatul masjid

Sholat tahiyatul masjid sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat saat kita masuk ke dalam masjid. Jadi jika dikerjakan mendapat pahala, jika tidak dikerjakan tidak mengapa. Waktu pengerjaannya adalah sebelum duduk saat masuk ke masjid. Hukum mengerjakan shalat tahiyatul masjid adalah sunnah, jadi kita semua dianjurkan untuk melakukan shalat sunnah tahiyatul masjid ini. Dalil hadistnya sebagai berikut ini :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَادَخَلَ اَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسَ حَتّٰى يُصَلِّى رَكْعَتَيْنَ

Artinya: Rasulullah Saw bersabda.” Apabila seseorang diantara kamu masuk Masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid).” (H.R Bukhari dan Muslim).

Kesunnahan shalat tahiyatul masjid ini berlaku baik untuk laki laki maupun perempuan dan di waktu apapun (pagi, sore, malam) ketika kita memasuki masjid. Hal ini termasuk ketika kita masuk ke masjid pada saat melaksanakan shalat jumat. Tujuan shalat tahiyatul masjid ini salah satunya adalah untuk memuliakan dan memberikan penghormatan kepada masjid, karena masjid adalah tempat beribadah dan rumah ALLAH SWT.

Secara umum tata cara pengerjaannya adalah sama dengan sholat sholat lainnya. Hanya niat sholat tahiyatul masjid saja yang berbeda. Jadi ketika baru memasuki masjid, lalu mangambil tempat untuk sholat, berdiri tegak dan niat sholat tahiyatul masjid dengan mengangkat kedua tangan melakukan takbiratul ikhram. Selanjutnya gerakan dan bacaanya sama seperti sholat lainnya.

Selanjutnya langsung simak dibawah ini teks bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Dengan begitu kita jadi tahu makna dan isi kandungan didalamnya.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Demikianlah bacaan niat shalat tahiyatul masjid dalam bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa juga untuk selalu menjalankan sholat sunnah 2 rakaat (sholat tahiyatul masjid) ini ketika memasuki masjid. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar