Niat Puasa Syawal 6 Hari yang Benar Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Niat Puasa Syawal 6 Hari yang Benar Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan di bahas tentang bacaan niat puasa syawal 6 hari yang benar lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat ini sangatlah penting dan hendaknya diketahui bagi anda yang ingin menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan syawal selama enam hari.

Puasa syawal sendiri hukumnya adalah sunnah. Jadi jika dikerjakan mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan tidak mengapa. Puasa syawal dikerjakan 6 hari, boleh dilakukan secara berturut turut, boleh juga dilakukan secara terpisah asalkan tetap dikerjakan pada bulan syawal.

niat puasa syawal

Waktu pengerjaan puasa sunnah syawal bisa dimulai pada tanggal 2 syawal, hal ini karena tanggal 1 syawal merupakan hari raya idul fitri dimana kita diharamkan untuk berpuasa. Selanjutnya jika dilakukan berurutan maka dikerjakan dari tanggal 2, 3, 4, 5, 6, 7. Jika dipisah maka terserah anda tanggalnya , misal dikerjakan 3 hari dulu, lalu diteruskan seminggu kemudian, yang demikian itu dibolehkan asal masih dalam bulan syawal.

Tata cara puasa sunnah syawal secara umum sama dengan puasa puasa lainnya, hanya lafadz niatnya saja yang berbeda. Dan langsung saja berikut ini teks bacaan niat puasa syawal sunnah 6 hari yang benar lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya.

Niat Puasa Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَةٍ مِنْ شَوَالٍ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘ansittatin syawaali sunnatan lillahi ta’alaa

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah Ta’ala.

Setelah mengetahui tata cara dan bacaan niat puasa sunnah syawal. Selanjutnya yang perlu diketahui adalah manfaat dan keutamaan mengerjakan puasa syawal yang begitu besar dan luar biasa. Bagi mereka yang mengerjakan puasa sunnah syawal, maka dianggap berpuasa setahun penuh. Berikut ini dalil hadits Nabi Muhammad SAW tentang fadhilah puasa syawal :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

صيام شهر رمضان بعشرة أمثالها وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة

Artinya : Puasa sebulan Ramadhan pahalanya 10 kali lipat. Puasa enam hari bulan Syawal sama dengan dua bulan. Maka jumlahnya sama dengan setahun penuh. (HR. Ibnu Khuzaimah).

Jadi jika kita mengerjakan puasa wajib ramadhan selama 1 bulan penuh, kemudian dilanjut dengan puasa syawal 6 hari. Maka kita telah dianggap puasa setahun penuh. Benar benar ganjaran pahala yang berlipat ganda dari ALLAH SWT kepada kita hamba hambanya.

Demikianlah bacaan niat puasa syawal 6 hari yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Akhir kata semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengerjakan puasa sunnah di bulan syawal. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar