Niat Puasa Rajab yang Benar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Niat Puasa Rajab yang Benar Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kali ini kita akan share mengenai bacaan niat puasa rajab yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Sangat penting bagi anda yang akan mengerjakan puasa sunnah di bulan rajab untuk menghafal lafadz niat ini.

Hal ini dikarenakan secara umum tata cara puasa rajab/rejeb hampir sama dengan puasa-puasa lainnya, yang membedakan hanya bacaan niatnya. Sehingga yang perlu anda pelajari adalah lafadz niat puasa rajab saja.

Puasa rajab sendiri dikerjakan pada bulan rajab yang merupakan bulan ke 7 kalender hijriyah. Hukum mengerjakan puasa rajab adalah sunnah, jadi kita dianjurkan untuk mengerjakannya dan akan diganjar dengan pahala yang besar oleh ALLAH SWT, namun jika tidak dikerjakan tidak mengapa.

niat puasa rajab

Bulan Rajab juga merupakan salah satu bulan haram sehingga termasuk bulan yang dimuliakan. Dalam Islam dikenal ada empat bulan haram yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.Dalam bulan bulan khusus tersebut ada beberapa ibadah dan amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan. Dan puasa rajab ini termasuk didalam salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Setelah mengetahui sedikit tentang puasa rajab, langsung saja selanjutnya simak teks bacaan niat puasa sunnah rajab yang benar lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar diketahui makna dan isi kandungan didalamnya.

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghodin Fii Syahri Rojabi, Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya : Saya Niat Berpuasa Besok Hari Di Bulan Rajab, Sunnah Karena Allah Ta’ala.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Rajab

Bulan rajab adalah bulan yang sangat istimewa, banyak sekali amalan dan ibadah yang disunnahkan untuk dikerjakan di bulan rojab ini salah satunya tentu puasa rajab. Ini menjadikan berpuasa di bulan rajab memiliki khasiat dan fadhilah yang besar. Berikut ini beberapa dalil hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan berata besar keutamaan dan manfaat puasa rajab :

Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya”. (HR. At-Tabrhani).

Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdo’a:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).

Sabda Rasulullah SAW : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.

Rasulullah SAW bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab).

Itulah teks bacaan niat puasa rajab lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah doa niat diatas bermanfaat bagi kita yang akan menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan rajab. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar