Niat Puasa Nisfu Sya’ban yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Niat Puasa Nisfu Sya’ban yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bacaan niat puasa nisfu sya’ban yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Akan dijelaskan juga mengenai keutamaan dan manfaat menjalankan ibadah puasa sunnah di bulan syaban ini.

Puasa bulan sya’ban ini hukumya adalah sunnah sehingga boleh dikerjakan, boleh juga tidak. Namun alangkah ruginya jika kita menyia nyiakan kesempatan memperoleh pahala dan anugrah besar dari ALLAH SWT. Hal ini dikarenakan puasa sunnah sya’ban memiliki keutamaan yang besar bagi yang mengerjakannya.

niat puasa sya'ban

Puasa sya’ban juga bermanfaat untuk melatih diri dan kekuatan fisik untuk melaksanakan puasa wajib di bulan ramadhan. Ini dikarenakan bulan syaban adalah bulan ke delapan hijriyah yang terletak persis sebelum bulan ramadhan.

Secara umum sendiri puasa nisfu sya’ban tidaklah berbeda tata cara pengerjaannya dengan puasa-puasa lainnya. Hanya niat puasa sya’ban saja yang harus anda pelajari karena jelas berbeda lafadznya.

Nah, bagaimana doa niat puasa sya’ban yang benar sesuai sunnah? Simak berikut ini teks bacaan niat puasa nisfu sya’ban lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya bisa dipahami isi kandungan dari niat yang kita baca.

Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya’ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN SUNNATAN LILLAHI TA’ALA

Artinya : Saya niat puasa bulan sya’ban sunnah karena Allah ta’ala.

Khasiat dan Keutamaan Puasa Sya’ban

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali amalan amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan sya ban ini salah satunya adalah dengan memperbanyak berpuasa. Puasa di bulan sya’ban sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Dalil tentang khasiat dan fadhilah puasa sunnah sya’ban ini bisa kita lihat di beberapa hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini :

كَانَ أَحَبُّ الشُّهُورِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَصُومَهُ شَعْبَانَ، ثُمَّ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Artinya : Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah adalah bulan Sya’ban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan.” (HR. Abu Daud no. 2431 dan Ibnu Majah no. 1649).

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya : Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i)

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban. (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah teks bacaan niat puasa nisfu sya’ban yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Dengan mempelajari doa niat diatas, insyaallah kita bisa menjalankan puasa di bulan syaban dengan benar dan sesuai tuntunan agama. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar