Nama-Nama Surga dan Penghuninya Beserta Dalil Penjelasannya

Nama-Nama Surga dan Penghuninya Beserta Dalil Penjelasannya

Pembahasan kali ini adalah tentang nama-nama surga dan penghuninya beserta dalil penjelasannya lengkap. Dari semua surga yang ada, akan kami ulas satu persatu nama nama surga dan artinya beserta dalilnya dalam Al-Quran. Dengan melihat penjelasan dalam ayat ayat Quran, kita akan mengetahui kriteria seperti apakah yang akan menjadi calon penghuni surga tersebut.

Nama-Nama Surga dan Penghuninya Beserta Dalil Penjelasannya

Surga sendiri adalah tempat yang istimewa dan mulia dan dikhususkan bagi mereka yang beriman dan bertakwa kepada ALLAH SWT. Jika kta selama hidup mematuhi aturan dan syariat ALLAH SWT, mengerjakan kebaikan dan tidak melakukan hal yang dilarang oleh ALLAH SWT. Maka balasan kita adalah surga yang amat indah dan kita kekal didalamnya. Keindahan dan kenikmatan surga ini tidak ada bandingannya, Berikut ini dalil hadits dan Al-Quran tentang gambaran surga :

“Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung.” (Ali Imran: 185)

Dalam hadits qudsi, ALLAH SWT berfirman: “Aku telah persiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang tak pernah dilihat mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tak pernah terbetik di hati manusia.” Kemudian Rasulullah SAW berkata, “Kalau mau, silakan kalian baca: “Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka. (as-Sajdah: 17)’.” (HR. al-Bukhari).

Maka dari itu, janganlah kita sia siakan hidup kita di dunia ini hanya untuk hal yang sia sia, luangkan waktu untuk beribadah kepada ALLAH SWT. Jika kita beriman dengan sungguh sungguh, maka insyaallah tingkatan surga tertinggi yaitu surga firdaus akan kita dapatkan.

Dan perlu anda ketahui selain surga firdaus, ada juga nama nama surga lainnya yang tentu derajat tingkatannya masih dibawah surga firdaus. Nah, kira kira apa saja nama nama surga dalam islam?

Nama Nama Surga

Dan untuk lebih jelas simak berikut ini daftar nama-nama surga dan penghuninya beserta dalil penjelasannya dalam Al-Quran lengkap.

1. Surga Firdaus

“Sesungguhnya orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”(QS. Al-Mukminun: 9-11).

“sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah ‘surga firdaus menjadi tempat tinggal”. (Al Kahfi ayat 107).

2. Surga ‘Adn

yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati.(Surat Maryam ayat 61)

(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(Surat Ar Ra’d ayat 23)

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin lelaki dan perempuan (akan mendapat) surga di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan mendapat tempat-tempat yang bagus di surga ‘Adn.” (QS. At-Taubah: 72).

“(Yakni) surga ‘Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang ( dalam keaddan ) bersih ( saat didunianya dari berbagai dosa )”. (Surat At Thaha ayat 76)

” (Yaitu) surga’Adn yang pintu – pintunya terbuka bagi mereka”. (Surat Shad ayat 50)

3. Surga Na’im

” Maka orang – orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan”. (Al Hajj ayat 56)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Q.S. Luqman: 8)

4. Surga Ma’wa

“Adapun orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga – surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan”. (QS As Sajdah ayat 19).

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surga tempat tinggalnya.” (Q.S. An-Nazi‘at: 40-41)

5. Surga Darussalam

“Dan allah meriyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus”. (Surat Yusuf ayat 25).

“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

6. Surga Darul Muqamah

“Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35).

7. Surga Al-Maqamul Amin

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51).

8. Surga Khuldi

“Katakanlah, Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (Q.S. Al-Furqan: 15).

Demikianlah 8 nama-nama surga dan penghuninya beserta dalil penjelasannya lengkap. Semoga daftar nama surga dan penjelasannya diatas bermanfaat dan kelak kita dimasukkan kedalam surga tertinggi yaitu surga firdaus oleh ALLAH SWT. Amiin ya robbal alamin.

Tinggalkan komentar