Mukjizat Nabi Sulaiman AS

Mukjizat Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman AS adalah seorang Nabi dan Rasul utusan ALLAH SWT yang memiliki kehebatan dan keistimewaan lebih dari pada manusia lainnya. Ia diberikan keistimewaan dan mujizat bisa berinteraksi dengan jin dan binatang, kekayaan dan kerajaan yang megah serta banyak lagi. Mukjizat Nabi Sulaiman As memang cukup banyak dan semuanya tentu atas izin ALLAH SWT Tuhan yang maha kuasa atas segala sesuatu.

Semua kelebihan dan mukjizat Nabi Sulaiman Alaihissalam ini berdasarkan dalil dalil yang ada dalam Al Quran, salah satu mukjizat Nabi Sulaiman diabadikan dalam Al Quran surat Saba sebagai berikut ini :

“Dan Kami(tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya.Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. (Saba’ 34:12)

Mukjizat Nabi Sulaiman

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar mukjizat Nabi Sulaiman AS lengkap yang diberikan oleh ALLAH SWT dalam memudahkan langkah dakwahnya.

Mukjizat Nabi Sulaiman

1 . Sanggup memerintahkan bangsa jin dan hewan.

Nabi Sulaiman mampu memerintahkan seluruh bangsa jin dan bangsa hewan sesuai kemauannya. Bahkan Jin dan hewan menjadi prajuritnya ketika Nabi Sulaiman As berperang. Jin dan hewan juga turut membantu membangun istana dan dalam hal lainnya.

3. Memiliki istana yang megah dan indah.

Nabi Sulaiman memiliki istana yang megah dan tiada bandingannya. Kerajaan Nabi Sulaiman as merupakan hasil dari gotong royong manusia, jin dan binatang. Dindingnya terbuat dari batu pualam, tiang dan pintunya terbuat dari emas dan tembaga hiasan dan ukirannya dari mutiara dan intan,atapnya dari perak dan sebagainya.

4. Dikaruniakan kebijaksanaan yang luar biasa.

Seperti sifat para Nabi dan Rasul lainnya, Nabi Sulaiman juga memiliki kebijaksanaan yang tinggi, Nabi Sulaiman juga sangat adil dalam memutuskan suatu perkara.

5. Mampu berbicara dan memahami bahasa binatang.

Nabi Sulaiman bisa berbicara dan paham bahasa seluruh binatang.

6. Mampu menundukkan angin sehingga mau menuruti kehendak Beliau.

Selain jin dan hewan, Nabi Sulaiman juga mampu menundukkan dan mengatur arah angin.

“Dan(telah Kami tundukkan) untuk Sulayman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Al-Anbiyya 21:81)

7. Sanggup mendengar suara yang lirih dan jauh.

Jika ada suara dari kejauhan, Nabi sulaiman mampu mendengarnya meskipun sangat pelan.

8. Memiliki kekuasaan dan kekayaan yang luar biasa.

Kekuasaan dan kerajaan Nabi Sulaiman sangat besar dan tak terbatas. Hartanya sangat berlimpah dan tiada bandingannya. Namun Di tangah seorang utusan ALLAH SWT, harta dan tahta tidak menggoyahkan iman dan takwa kepada ALLAH SWT.

9.Mampu melihat hal yang ghaib

Diberi kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun ia tidak menyaksikannya secara langsung.

10. Cairan tembaga

Cairan tembaga yang selalu keluar dari perut bumi untuk dimanfaatkannya sebagai pembangunan Istana, gedung-gedung, Benteng-benteng pembuatan piring-piring sebesar kolam air,Tungku-tungku dan periuk-periuk yang biasa digunakan untuk memberi makan umatnya.

12.Kecerdasan yang tinggi

Sejak kecil Nabi Sulaiman AS telah menunjukkan kecerdasan dan ketajaman pikirannya.

Itulah sekilas mengenai mukjizat Nabi Sulaiman AS. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar