Mukjizat Nabi Daud AS

Mukjizat Nabi Daud AS

Nabi Daud Alaihissalam adalah salah satu nabi utusan ALLAH SWT. Dan seperti nabi dan rasul lainnya, Nabi Dawud pun memiliki kelebihan berupa mukjizat yang diberikan oleh ALLAH SWT. Ada beberapa mukjizat nabi Daud yang menjadikannya seorang nabi yang istimewa.

Mukjizat Nabi Daud

Nabi Daud AS diberi kitab zabur, inilah yang menjadi mukjizat dan keistimewaan terbesar yang diberikan oleh ALLAH SWT. Meski begitu masih ada beberapa kelebihan dan mukjizat lainnya yang ada pada Nabi Dawud AS. Adapun beberapa mukjizatnya adalah sebagai berikut ini :

1. Allah mengutus Nabi Daud as sebagai Nabi dan Rasul lengkap dengan kesempurnaan dan ketinggian ilmu, ketelitian amal perbuatan serta kebijaksanaan dalam menyelesaikan berbagai perselisihan dalam masyarakat pada masa pemerintahannya.

2. Hanya dengan tangan kosong saja Nabi Daud mampu mengolah dan menempa besi menjadi bentuk apapun termasuk baju perang. hal ini tercantum dalam Al Quran sebagai berikut :

Surat Al- Anbiyaa’ (Nabi-nabi) ayat 80. Dalam surat itu Allah SWT berfirman, ”Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu. Maka, hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).”

Dalam surat Saba’ ayat 11, Alquran juga memerintahkan dan menjelaskan cara membuat baju besi. “Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.”

3. Nabi Daud as amat indah  berkata-kata dan mampu melebur jiwa yang keras hanya dengan ayat dari mulutnya.

4. ALLAH SWT menundukkan gunung-gunung dan memerintahkannya bertasbih mengikuti tasbih Nabi Daud setiap pagi dan senja. Burung-burung pun turut bertasbih mengikuti tasbih Nabi Daud as berulang-ulang. Nabi Daud as diberi peringatan dan pemahaman tentang maksud suara atau bahasa burung-burung. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam AlQuran sebagai berikut ini :

Surat Saba’ (Kaum Saba) ayat 10. ”Dan sesungguhnya telah Kami berikan ke pada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, dan Kami telah melunakkan besi untuknya.”

5. Nabi Daud telah diberikan kesempatan menjadi raja dan memimpin kerajaan yang kuat yang tidak dapat dikalahkan oleh musuh. Bahkan ia tercatat selalu memperoleh kemenangan diatas semua lawan dan musuhnya.

6. Nabi Daud dikaruniakan suara yang merdu oleh ALLAH SWT yang enak didengar oleh siapapun.

Itulah sekilas mengenai mukjizat Nabi Daud As yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita semakin mencintai para Nabi dan Rasul. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar