Manfaat Puasa Senin Kamis Beserta Hikmah dan Keutamaannya

Manfaat Puasa Senin Kamis – Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah berpuasa pada hari senin dan kamis. Kenapa kita disunnahkan untuk mengerjakan puasa pada kedua hari tersebut dan tidak pada hari hari lainnya. Jawabannya adalah karena kedua hari tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Hukum puasa senin kamis sendiri adalah sunnah dan dianjurkan untuk dilakukan. Banyak hikmah dan keutamaan puasa senin kamis yang akan kita dapatkan. Semuanya sudah dijelaskan oleh Rasulullah berkaitan masalah ini mulai dari pahala yang akan kita dapatkan serta apa saja manfaat yang didapat bagi mereka yang berpuasa pada hari senin dan kamis. Berikut dibawah ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Puasa Senin Kamis yang Utama

manfaat puasa senin kamis

Karena ada keistimewaan pada hari senin dan kamis, maka ibadah yang dilakukan pada hari itu insyaallah berlipat ganda pahalanya. Pada kedua hari tersebut ada keberkahan tersendiri dan yang paling penting adalah pada hari senin dan kamis merupakan hari dimana amal amal kita diangkat. Berikut penjelasannya beradasarkan hadits Nabi :

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

“Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201)

Pintu Surga Dibuka Pada Hari Senin dan Kamis

Nabi senang dalam keadaan berpuasa ketika amalannya sedang diangkat dan dihadapkan kepada ALLAH SWT, Ini menegasakan bahwa puasa senin dan kamis memiliki hikmah dan keutamaan tersendiri. Dihari itu pula pintu pintu surga dibuka dengan lebar. Berikut ini hadist yang menerangkannya :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Nabi Muhammad SAW Berpuasa Pada Hari Senin dan Kamis

Nabi Muhammad SAW sendiri langsung mencontohkannya kepada kita, beliau berpuasa pada kedua hari tersebut. Bukankah meniru dan mencontoh Baginda Rasulullah SAW sudah merupakan sebuah keutamaan yang pasti mendatangkan manfaat bagi kita. Simak hadits beliau berikut ini :

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Artinya : Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, bahwa Nabi SAW sering melakukan puasa senin dan kamis. (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Nabi SAW Lahir Pada Hari Senin

Mengenai keistimewaan dari hari senin dan kamis seperti yang tersebut diawal. Nabi Muahmmad SAW mengatakan bahwa beliau dilahirkan dan diutus pada hari senin. Beliau adalah manusia teragung, pembawa rahmat, kekasih Allah, panutan manusia sejak diutusnya menjadi Nabi hingga hari kiamat. Dan manusia agung ini lahir dihari Senin berdasarkan hadist belau berikut ini :

وكان ذلك يوم ولدت وأرسلت أنا

Artinya : Itu adalah hari aku dilahirkan dan aku diutus. ( HR Muslim )

Selain itu ada beberapa keutamaan lain yang terdapat pada hari senin yaitu Rasulullah pergi hijrah dari Makkah ke Madinah pada hari Senin, Rasulullah mengangkat hajar Aswad saat perbaikan Ka’bah pada hari Senin, Rasulullah sampai di kota Madinah pada hari Senin, Perang Badar terjadi pada hari Senin, Ayat terakhir kali turun yang berisi kesempurnaan agama Islam diturunkan pada hari senin dan terakhir Rasulullah juga meninggal dunia pada hari Senin. Benar benar hari yang istimewa dan sangat cocok untuk digunakan berpuasa.

Kamis Adalah Hari Yang Penuh Berkah

Sedangkan hari kamis adalah hari yang penuh dengan keberkahan. bagaimana tidak, Nabi Muhammad SAW mendoakan keberkahan khusus pada hari Kamis sebagaimana dalam hadits berikut ini :

يا الله، يبارك شعبي في الصباح في وقت مبكر يوم الخميس

Artinya : Ya allah, berkahilah bagi umatku di pagi hari mereka di hari Kamis. ( HR Ibnu Majah )

Dua hari yang sangat spesial dan istimewa serta memiliki nilai lebih dibanding hari hari lainnya tentu amat sangat sayang jika terlewat begitu saja tanpa amal ibadah khusus. Maka dari itu Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk berpuasa pada kedua hari tersebut. Adapun hikmah, keutamaan dan manfaat puasa senin kamis sangatlah besar dan tidak diragukan lagi. Rasul SAW yang menganjurkannya langsung, maka jelas faedah dan khasiatnya luar biasa.

Hikmah dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Lainnya :

Semua penjelasan berdasarkan hadist hadits Nabi sudahlah cukup bahwa ada manfaat yang luar biasa yang akan kita dapat. Sesungguhnya apa yang diperintahkan Nabi pastilah hanya akan kita dapati kebaikan didalamnya. Kita tidak boleh ragu akan hal itu. Adapun beberapa manfaat dan hikmah puasa sunnah senin kamis lainnya yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah :

1. Manfaat puasa senin kamis yang pertama adalah membiasakan sabar secara kejiwaan, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri.

2. karena puasa Senin Kamis melatih kita secara teratur untuk menghindarkan diri dari pekerjaan dosa. Kalau ada latihan efektif untuk latihan kesabaran, maka itulah puasa. Karena itu, cocoklah jika dikatakan bahwa puasa adalah zakat jiwa, dimana pada saat puasa, kita membuang perangai buruk. Sehingga sesudah puasa, emosi dan spiritual kita menjadi lebih bersih.

”Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separuh dari kesabaran”.(HR. Ibnu Majah).

Dengan menghilangnya perangai buruk dan jelek kita minimal seminggu dua kali, maka benarlah jika dikatakan dalam hadist Nabi Muhammad SAW bahwa :

Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara. {HR.Ahmad dan Baihaqi}.

3. Dari aspek kesehatan, dengan berpuasa sunnah akan membersihkan organ dalam tubuh, semisal; usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa serta endapan makanan, meminimalisir kegemukan dan kelebihan lemak dalam perut.

4. Pahala yang tak terhingga bagi orang yang berpuasa, Amalan puasa khusus untuk Allah dan bisa menjadi sebab pahala puasa tersebut seseorang memasuki surga serta bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum daripada bau minyak kasturi.

5. Manfaat lain dari berpuasa, akan meredam hawa nafsu; baik mengenai urusan makan dan minum. bisa pula meredam niat untuk atau hawa nafsu untuk berbuat kejahatan, meredam niat yang enggan mensyukuri nikmat serta meredam hal lain yang mengakibatkan kelengahan.

6. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan di dalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat.

7. Menjadi Penolong Pada Hari Kiamat, Menanam kedekatan Diri Pada Allah, Mempercepat Terkabulnya Doa dan Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara.

8. Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi, yang belum tentu baik untuk kesehatan seseorang.

9. Disediakan pintu khusus oleh ALLAH SWT sebagaimana dikatakan Nabi dalam haditsnya berikut ini :

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya : “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

10. Orang sudah terbiasa melakukan puasa senin kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa senin kamis orang dapat lebih bersabar, mengontrol hawa nafsu, dan pikiran-pikiran kotor atau negatif.

11. Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah membuat orang yang berpuasa senin kamis lebih mudah dan ringan dalam beramal. Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa :

  • Menurunkan kadar lemak (kolesterol)
  • Menghambat proses penuaan (awet muda)
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mampu mengendalikan nafsu dan syahwat dengan lebih baik
  • Memacu jiwa empati terhadap sesama
  • Menimbulkan rasa solidaritas terhadap kaum miskin
  • Memperindah dan mempercantik kaum wanita secara alami
  • Menenangkan jiwa dan perasaan
  • Meningkatkan aspek kejiwaan, sosial serta kesehatan.
  • Peremajaan sel kulit
  • Mengencangkan kulit
  • Detoksifikasi racun dalam tubuh
  • Memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan

Itulah sedikit dari sekian banyak hikmah, keutamaan dan manfaat puasa senin kamis menurut islam. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita semakin istiqomah dalam mengerjakan puasa sunnah ini. Wallahu a’lam.

Manfaat Puasa Senin Kamis Beserta Hikmah dan Keutamaannya | Khamid | 4.5