Kalam Al Habib Alwi bin Abdullah bin Syahab Tentang Sahabat

Sahabat Nabi Muhammad SAW adalah orang yang agung dan mulia. mereka hidup dan belajar langsung kepada Rasulullah SAW. Al Habib Alwi bin Abdullah bin Syahab pun berbicara mengenai sahabat Rasulullah SAW. berikut 5 kalam beliau.

1.Sebagian pembesar ulama berkata: “Seandainya para sahabat disuruh memilih antara masuk ke dalam surga dan duduk bersama Nabi Muhammad, niscaya mereka akan memilih duduk bersama Nabi saw. Sebab tidaklah surga tercipta kecuali dari Nur Nabi saw.”

2.Imam Malik ra berkata: “Generasi salaf selalu mengajarkan anak-anak mereka untuk mencintai dua orang tokoh yaitu Abu Bakar Shiddiq dan Umar ra sebagaimana mereka mengajarkan anak mereka Surat dalam Alqur’an.

3.Al Habib Ali al Habsy berkata: “Aku masih bisa berharap seluruh dosa diampuni dan dimaafkan Alloh kecuali dosa mencaci para sahabat atau para auliya’.”

4. Aku mendengar dari sebagian saudara dan anak-anak mereka bahwa pamanku Alwi mendoakan keridhoan bagi Muawiyah. Bagaimana kita tidak mendoakan keridhoan bagi Muawiyah sedangkan beliau pernah duduk dihadapan Nabi saw dan sholat dibelakang Nabi saw. Apa yang terjadi antara Muawiyah dan datuk kita Ali dahulu bukan urusan kita.

5. Mereka yang suka membicarakan kerendahan martabat para shohabat nabi saw maka dia akan mati dalam keadaan terasing (semoga Alloh melindungi kita) dikhawatirkan mati dalam keadaan su’ul khotimah.

Itulah sekilas kalam, wasiat dan nasihat dari Al Habib Alwi bin Abdullah bin Syahab yang insyaallah sangat bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar