doa setelah membaca Al Quran

Doa Setelah Membaca Al-Quran Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah mengenai lafadz doa setelah membaca Al-Quran lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jadi setelah kita selesai mengaji / tadarusan, jangan lupa untuk membaca sebuah do’a untuk mengakhiri bacaan Al Qur’an anda. Doa setelah selesai membaca Al-Quran yang kami share ini sudah cukup populer dan dikenal masyarakat karena sudah diajarkan di berbagai TPQ di tanah air. Jadi mugkin banyak dari anda yang sudah hafal diluar kepala. Apalagi Bacaan doanya cukup pendek sehingga mudah dihafal tentunya.

doa setelah membaca Al-Quran

Al Quran sendiri adalah kitab suci yang agung dan mulia. Isinya adalah firman ALLAH SWT yang pasti kebenarannya. Kita sebagai seorang muslim haruslah membaca dan mengamalkan isinya di kehidupan sehari hari. Dengan begitu maka pahala yang besar akan mendatangi kita. Dalam sebuah hadits dijelaskan tentang keutamaan dan manfaat membaca Al-Quran sebagai berikut :

الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya : “Yang membaca Al-Qur`an dan dia mahir membacanya, dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan yang membaca Al-Qur`an namun dia tidak tepat dalam membacanya dan mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” [Al-Bukhari, Muslim].

Luar biasa pahala yang diberikan ALLAH SWT bagi mereka yang mengaji dan membaca Al Quran. Dan untuk menyempurnakannya, jangan lupa untuk ditambah dengan doa sesudah membaca Al-Quran. Untuk bacaan doanya, langsung saja berikut ini lafadz doa setelah membaca Al-Quran lengkap dalam teks arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya dimengerti isi kandungan dan maksud didalamnya.

Doa Setelah Membaca Al-Quran

اَللهُمَّ ارْحَمنَا بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَانَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا. وَارْزُقْنَا تِلاَ وَتَه آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLAAHUMMARHAMNAA BIL QUR’AANI. WAJ’ALHU LANAA IMAAMAN WA NUURAN WA HUDAN WA ROHMAH. ALLAAHUMMA DZAKKIRNAA MINHU MAA NASIINAA WA ‘ALLIMNAA MINHU MAA JAHILNAA. WARZUQNAA TILAA WATAHU AANAA-AL LAILI WA ATHROOFAN NAHAAR. WAJ’ALHU LANAA HUJJATAN YAA RABBAL ‘AALAMIINA.

Artinya : Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagi kami cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah kami lupa dan ajarkan kepada kami apa yang tidak kami ketahui darinya, anugerahkanlah pada kami kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagi kami, wahai Tuhan seru sekalian alam.

Itulah lafadz doa setelah membaca Al-Quran lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk selalu istiqomah mengamalkan bacaan doa diatas seepas selesai mengaji / tadarus Al Quran. Dengan begitu maka kita akan mendapatkan tambahan pahala dari ALLAH SWT. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar