Doa Setelah Akad Nikah Berlangsung Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Setelah Akad Nikah Berlangsung Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah mengenai teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Dengan berdoa memohon kepada ALLAH SWT, maka kebaikan dan keselamatan akan menyertai kita. Inilah yang dianjurkan dalam agama islam, yaitu selalu berdoa dan menggantungkan semua keinginan hanya kepada ALLAH SWT. Termasuk dalam hal pernikahan/perkawinan.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk berdoa setelah akad nikah, yaitu berdoa tepat sesudah proses ijab qobul dilakukan. Kita berharap kepada ALLAH SWT agar pernikahan yang berlangsung penuh dengan keberkahan dan lancar hingga bahagia dalam membangun bahtera rumah tangga. Karena hanya ALLAH SWT lah yang menentukan nasib hamba hambanya dalam hal apapun, kita tak boleh luput dalam meminta kebaikan dan rahmat ALLAH SWT.

Doa Setelah Akad Nikah Berlangsung Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Setelah akad nikah, Rasulullah SAW menganjurkan kepada para suami untuk mendoakan istrinya dengan cara memegang ubun ubunnnya, kemudian mengucap basmalah dan membaca doa untuk istri setelah akad nikah sebagai berikut ini :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA MIN KHAIRIHA WA KHAIRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI. WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHA WA SYARRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Setelah membaca doa memegang ubun ubun diatas, kemudian dilanjut dengan doa penghulu setelah akad nikah (ijab qobul). Doa ini boleh dibaca oleh penghulu maupun dibaca oleh para ulama dan orang sholeh yang memiliki kefahaman agama agar lebih ampuh dan mustajab lagi doanya. Membaca doa akad nikah ini bertujuan salah satunya untuk kebaikan keluarga dan rumah tangga pasangan suami istri yang baru agar bahagia  dan sakinah mawadah warohmah.

Dalam berdoa tentulah dibolehkan berdoa apa saja menggunakan bahasa dan kata kata kita sendiri. Banyak sekali versi doa akad nikah ini yang bisa dijadikan pilihan untuk dibaca dan semuanya tentulah baik dan diperbolehkan asalkan isinya kebaikan dan dipanjatkan hanya kepada ALLAH SWT. Dan di artikel ini akan dishare salah satu doa akad nikah yang bisa menjadi pilihan untuk diamalkan dan dibaca sesudah proses ijab kabul dan insyaallah mustajab.

Lalu bagaimana lafadz doanya? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Akad Nikah

اَعُوْذُبِااللهِ مِنَ اْلشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَعُوْذُبِااللهِ مِنَ اْلشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ, اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ
حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَا فِيْ نِعَمَهُ وَيَكُافِىءُ مَزِيْدَهُ,
يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَايَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ,
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا محُمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا محُمَّدْ,
اَللَّهُمَّ لَكَ اْلحَمْدُ شُكْرَا وَلَكَ اْلمَنُّ فَضْلاَ وَاَنْتَ رَبُّنَا حَقًّاوَنَحْنُ عَبِيْدُكَ رِقّاً
وَاَنْتَ لَمْ تَزَلْ لِذ لِكَ أَهْلاً. اَللَّهُمَّ ياَمُيَسِّرَ كُلِّ عَسِيْرٍ وَيَاجَابِرَ كُلِّ كَسِيْرٍ
وَيَاصَاحِبَ كُلِّ فَرِيْدٍ وَيَامُغْنِىَ كُلِّ فَقِيْرٍ وَيَا مُقَوِّىَ كُلِّ ضَعِيْفٍ,
وَيَامَأْمَنَ كُلِّ خَائِفٍ, يَسِّرْ عَلَيْنَا كُلَّ عَسِيرٍ فَتَيْسِيْرُ اْلعَسِيْرِ
عَلَيْكَ يَسِيْرٌ, اَللَّهُمَّ يَامَنْ لاَ َيحْتَاجُ اِلىَ اْلبَيَانِ وَالتَّفْسِيْرِ,
حَاجَاتُنَا اِلَيْكَ كَشِيْرٌ وَاَنْتَ عَالِمٌ بِهَاوَبَصِيرٌ,
اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الْعَقْدَ مَيْمُونًا وَمُبَارَكًا, وَاجْعَلْ بَيْنَهُمَا اُلْفَةً
وَمَحَبَّةً وَقَرَارًا وَلاَ تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا نَفْرَةً وَفِتْنَةً وَفِرَارًا,
اَللَّهُمَّ اَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا اَلَّفْتَ بَيْنَ آدَمَ وَحَوَّا
وَكَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَدِيجَةَ الْكُبْرَى,
وَكَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ عَلِيٍّ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ وَفَاطِمَةَ الزَّهْرَى,
اَللَّهُمَّ اَعْطِ لَهُمَا وَلَدًا صَالِحًاوَرِزْقًا وَاسِعًا وَعُمْرًا طَوِيلاً,
اَللّهَمَّ بَارِكْ لَنَ فيِ اَوْلاَ دِناَ وَلاَ تَضَرُّهُمْ
وَوَفَقَّهُمْ فيِ طَا عَتِكَ وَارْزُقّنَا بِرَّ هُمْ,
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَاَهْلَنَا مِنْ اَهْلِ اْلعِلْمِ
وَالْخَيْرِوَالْقُرْاَنِ وَلاَتَجْعَلْنَاوَاِيَّاهُمْ مِنْ اَهْلِ الضَّيْرِ وَالزَّيْرِوَالطُّغْيَانِ,
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامً,
رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار,
سُبْحَانَ رَ بِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ,وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ
وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya :

Ya Allah Ya Tuhan kami…Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan cinta hanya kepada-Mu, Bertemu untuk taat kepada-Mu,Bersatu dalam rangka menyeru keagungan-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu

Ya Allah Ya Tuhan kami…Maka kuatkanlah ikatan pertalian mereka berdua, Abadikan kasih sayang keduanya, tunjukkanlah jalan-MU dan penuhilah hati kedua pengantin ini dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dada keduanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu, hidupkanlah hati mereka berdua dengan ma’rifat-Mu Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

Ya Allah Ya Tuhan kami…Pada hari ini dua hamba-Mu baru saja mematri janji di hadapan para saksi. Kami tahu tidak mudah untuk memelihara ikatan suci ini mereka dalam naungan ridha dan maghfirah-Mu. Karenanya kami memohon demi Kebesaran dan RahmatMu, Jadikanlah mereka pasangan ini saling mencintai di kala dekat,Saling menjaga kehormatan dikala jauh,Saling menghibur dikala duka, Saling mengingatkan dikala bahagia, Saling mendoakan dalam kepada Taqwa.

Demikianlah kumpulan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga dengan membaca doa akad nikah diatas, pernikahan akan selalu diberkahi oleh ALLAH SWT dan kelak menjadi keluarga dan rumah tangga yang bahagia, sakinah mawadah warohmah. Amiin.

Tinggalkan komentar