Doa Setelah Adzan dan Iqomah yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan dibagikan teks bacaan doa setelah adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa adzan dan iqomat ini disunnahkan untuk dibaca ketika selesai adzan dikumandangkan oleh muadzin. Banyak sekali keutamaan dan manfaat membaca doa selesai adzan. Ini bisa dilihat dari dalil hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

Dari Jabbir ra sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan, Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R Bukhari).

Melihat fadhilah yang kita dapatkan, jadi maka mulai sekarang ketika kita mendengar suara adzan dari masjid dan musholla atau dari manapun sumbernya, jangan lupa untuk membaca doa sesudah adzan dan iqomah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bacaan doanya terkadang sedikit berbeda tergantung sumbernya, terkadang ada yang tersingkat atau terpotong. Maka dari itu kali ini akan disajikan bacaan doa versi lengkapnya.

doa setelah adzan dan iqomah

Dan untuk lebih jelasnya langsung simak berikut ini teks bacaan doa setelah adzan dan iqomah yang benar lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya bisa dimengerti maksud dan isi kandungannya.

Doa Setelah Adzan

اَللّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحَمُوْدَ الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَاد. اَللّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ ×5، وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا، اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ ذُرِّيَّتِنَا وَلاَ تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْنَا وَوَفِّقْهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ.

ALLAAHUMMA ROBBA HAADZIHID DA WATIT TAAMMATIWASSHOLAATIL QOOIMATIAATI SAYYIDINAA MUHAMMADINIL WASHIILATA WAL FADLIILATAWAD DAROJATAL’AALIYATAR ROFIFATA WAB’ATSHUL MAQOOMAL MAHMUUDAL LADZIIWA’ADTAHUINNAKA LAA TUKHLIFUL MII’AAD. ALLAAHUMMA INNAANAS;ALUKAL ‘AFWA WAL’AAFIYATA FID DUNYAA WAL AAKHIROH . ROBBIGH FIRLII WA LIWAALIDAYYA (5x) WARHAM HUMAAKAMAAROBBAYAANISHOGHIIRO . ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FIIDZURRIYATINAA WALAA TADLURROHUM WAWAFFIQNAA WAWAFFIQHUM WARZUQNAA BIRROHUM

Artinya : Ya Allah wahai tuhan dari panggilan yang sempurna ini dan sholat yang akan dilaksanakan berikanlah junjungan kami sayyidina muhammad SAW. Maqom wasilah dan fadhilah dan berilah dia derajat yang tinggi. Dan bangkitkanlah ia dalam maqom mdhmudah sebagimana engkau telah menjanjikan hal itu untuknya. Dan sesungguhnya engkau adalah dzat yang tidak pernah mengingkari janji. Ya Allah kami memohon ampunan darimu dan kesehatan bagi kami baik didunia maupun diakhirat. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku . dan kasihilah mereka sebagaimana mereka telah mengasihi kami dimasa kecil kami dulu. Ya Allah berikanlah keberkahan bagi kami dan bagi keturunan kami dan jagalah mereka dari mara bahaya. Berilah kami taufik begitu pula mereka dan berilah kami kebaktian mereka terhadap kami.

Dan ditambah setelah adzan untuk sholat subuh dengan bacaan doa dibawah ini :

اَللّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ وَحُضُوْرُ صَلَوَاتِكَ أَسْأَلُكَ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ

ALLAAHUMMAINNA HAADZAIQBAALU NAHAARIKA WA IDBAARULAILIKAWA;ASHWAAT UDU’AATIKA WAHUDLUURU SHOLAWAATIKA, AS;ALUKA ANTAGHFIROLII

Artinya : Ya Allah ini adalah waktu datangnya waktu siangmu dan berlalunya waktu malammu. Dan waktu terdengar suara orang yang berdoa kepadamu. Serta waktu hadirnya sholat-sholatmu, maka ampunilah segala dosa-dosaku.

Dan untuk sholat maghrib doa tersebut diatas juga dibaca akan tetapi dengan mengganti kata lail dengan nahar dan begitu sebaliknya lebih jelasnya seperti dibawah ini :

اَللّهُمَّ إِنَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وَإِدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ وَحُضُوْرُ صَلَوَاتِكَ أَسْأَلُكَ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ

ALLAAHUMMA INNA HAADZA IQBAAL U LAILIKA WAIDBAARU NAHAARIKA WA;ASHWAAT U DU’AATIKAWAHUDLUURI SHOLAWAATIKA, AS;ALUKA ANTAGHFIROLII.

Doa Setelah Iqomah

أَقَامَهَا وَأَدَامَهَا مَا دَامَتِ السَّموَاتِ وَالأَرْضِ وَجَعَلَنِيْ مِنْ صَالِحِي أَهْلِهَا

AQOOMAHA ALLAAHU WA;ADAAMAHAA MAA DAAMATIS SAMAAWAATU WAL;ARDLU WAJA’ALANII MIN SHOO LIHIIAHLIHAA

Artinya : Semoga Allah tetap membiarkan sholat ini selalu terlaksana berkesinambungan selama masih ada langit dan bumi. Dan semoga Allah menjadikan aku termasuk orang yang benar-benar melaksanakannya.

Demikianlah teks bacaan doa setelah adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengamalkan sunnah diatas yaitu dengan membaca doa selepas adzan dan iqomat ketika selesai mendengar kumandang adzan. Wallahu a’lam.

Tags:
Doa Setelah Adzan dan Iqomah yang Benar Arab, Latin dan Artinya | Khamid | 4.5