Doa Sebelum Membaca Al Quran

Doa Sebelum Membaca Al Quran Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Al Quran adalah firman ALLAH SWT yang pasti kebenarannya. Al-Quran merupakan kitab suci dan mulia sekaligus sebagai petunjuk umat manusia dalam mengarungi kehidupan ini agar bahagia dan selamat dunia akhirat. Banyak adab saat membacanya salah satunya adalah dianjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudahnya. Dan artikel ini akan khusus membahas mengenai doa sebelum membaca Al Quran.

Membaca Al Quran sendiri adalah sebuah pahala besar baik kita paham ataupun tidak maknanya, bahkan membaca dengan terbata bata pun kita tetap dapat pahalanya dan malah dilipat gandakan karena dalam kesulitan dan ketidakmampuan tersebut kita tetap berusaha membacanya. Benar benar luar biasa manfaat yang kita dapat dari mukjizat Rasulullah SAW yang satu ini. Agar lebih sempurna lagi dan pahala kita berlipat ganda saat mengaji, maka jangan lupa mengamalkan doa pembuka yang dianjurkan dibaca sebelumnya.

Dan berikut ini teks bacaan doa sebelum membaca Al-Quran. Ada beberapa doa dibawah ini yang bisa diamalkan ketika akan membaca Al-Quran dan tersedia dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan indonesianya.

Doa Sebelum Membaca Al Quran

Doa Sebelum Membaca Al Quran

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya : Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

اَللّهُمَ افْتَحْ لَنَا حِكْمَتَكَ وَانْصُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَآءِنِى بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمً الرَّاحِمِيْنَ

Allohummaftah lanaa hikmataka wanshur alaina min khozaa’ini birohmatika ya arhamarr roohimiin

Artinya : Ya Allah bukakanlah bagi kami pintu hikmahMu,dan berikanlah kami pertolonganMu dengan perbendaharaan ilmuMu, wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

اَللَّهُمَّ بِا لْحَقِّ اَنْزَلْتَهُ وَبِالْحَقِّ نَزَلَ .اَللَّهُمَّ عَظِّمْ رَغْبَتِى فِيهِ .وَاجْعَلْهُ نُورًا لِبَصَرِى. وَ شِفَاءً لِصَدْرِى .اَللَّهُمَّ زَيِّنْ بِهِ لِسَانِى. وَجَمِّلْ بِهِ وَجْهِى. وَقَوِّ بِهِ جَسَدِى .وَارْزُقْنِى تِلاَوَتَهُ عَلَى طَاعَتِكَ. آَنَاءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ. وَاحْشُرْنِى مَعَ انَّبِىِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَ آلِهِ اْلأَ خْيَارِ.

Artinya : Yaa Allah dengan Hak-Mu, Engkau menurunkan Al-quran, dengan Kebenaran (Hak-Mu) pula Al-quran turun. “Yaa Allah, dengan Al-quran, Besarkanlah semangatku, jadikanlah Al-quran sebagai cahaya untuk penglihatanku dan obat untuk hatiku. “Yaa Allah, Hiasilah lisanku dengan Al-quran, dengan Al-quran indahkanlah wajahku, dengan Al-quran kuatkanlah jasadku, karuniakanlah bacaan ini atas taat kepadamu sepanjang malam dan siang. Dan kumpulkanlah aku bersama Nabi Muhammad SAW dan para keluarganya yang terpilih.

أَللهُمَّ بِالحَقِّ أَنْزَلْتَهُ وَ بِالحَقِّ نَزَلَ
أَللهُمَّ عَظِّمْ رَغْبَتی فیهِ وَاجْعَلْهُ نُوراً لِبَصَری وَ شِفاءً لِصَدْری و ذَهاباً لِهَمِّی وَ غَمّی وَ حُزْنی
اللهمَّ زَیِّنْ بِهِ لِسانی وَ جَمِّلْ بِه وَجْهی وَ قَوِّ بِهِ جَسَدی وَ ثَقِّلْ بِهِ میزانی وَارْزُقْنی تِلاوَتَهُ عَلی طاعَتِکَ آناءَ اللّیلِ وَ أَطْرافَ النَّهارِ، وَاحْشُرْنی مَعَ النَّبِیِّ محمّدٍ وَ آلِهِ الأَخْیارِ.

Artinya : Ya Allah, Engkau telah menurunkannya dengan kebenaran dan ia pun telah turun dengan kebenaran. Ya Allah, besarkan kesukaanku padanya, jadikanlah ia cahaya untuk penglihatanku, kesembuhan untuk hatiku, penghilang kegelisahan, kekecewaan dan kesedihanku. Ya Allah, hiasilah lidahku dengannya, perindahlah wajahku dengannya, kuatkanlah tubuhku dengannya, beratkanlah timbanganku dengannya, berilah aku rezeki membacanya dalam ketaatan kepada-Mu sepanjang malam dan siang, serta kumpulkanlah aku bersama Nabi Muhammad dan keluarganya yang terpilih.

Sekian mengenai bacaan doa sebelum membaca Al Quran bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan kita senantiasa mengamalkannya sehingga kita dimudahkan dalam membaca dan memahami makna dari setiap ayat ayatnya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar