Doa Sebelum Bekerja Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Sebelum Bekerja Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Membaca doa dianjurkan dalam islam sebelum memulai berbagai macam kegiatan apalagi ketika akan memulai pekerjaan. Di kesempatan kali ini akan dishare tentang bacaan doa sebelum bekerja lengkap dalam lafadz bahasa arab dan tulisan latin beserta terjemahan indonesianya supaya kita mengerti apa makna dari doa yang kita baca.

Bekerja memiliki tempat tersendiri dalam islam, seorang mukmin haruslah bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan agar jauh dari meminta minta. Bahkan berkerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, istri dan anak hukumnya adalah wajib dan diumpamakan jihad fi sabilillah. Jadi dalam bekerja tersebut selain mendapatkan rezeki juga berpahala.

Nabi Muhammad SAW sendiri bekerja dan beliau adalah seorang pekerja yang handal dan ulung. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam bekerja seperti mencari dan memilih pekerjaan yang halal dan menjauhi yang haram, berniat dengan niat yang baik misalnya untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak, tidak melalaikan kewajiban lain semisal shalat serta membaca doa sebelum bekerja dan pasrah menyerahkan semuanya hanya kepada ALLAH SWT.

ALLAH SWT lah yang memberi kita rizki, bukan bos yang menggaji kita. Mereka hanyalah perantara sampainya rezeki kepada kita. Itulah pentingnya berdoa, karena dengan memulai pekerjaan dengan berdoa, kita memohon hanya kepada sang pemberi rezeki yaitu ALLAH SWT. Bacaan paling ringan dan mudah yaitu dengan membaca basmalah yaitu “Bismillahirrahmanirrahim”. Lalu selanjutnya bisa membaca doa sebelum bekerja dengan harapan mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam segala urusan pekerjaan.

Doa Sebelum Bekerja

Dan berikut ini teks bacaan doa sebelum bekerja menurut ajaran islam lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Baca doa dibawah ini saat akan memulai pekerjaan baik di kantor, di rumah, dan dimanapun anda bekerja.

Doa Sebelum Bekerja

اَللّٰهمﱠ إِنِّي اَسْئَلُكَ مِنْ خَيْرِ هٰذَا الْعَمَلِ وَخَيْرِ مَا فِيْهِ * وَأَعُوْذُ بِكَ منْ شَرِّ هٰذَا الْعَمَلِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ * إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as aluka min khairi haadzal ‘amali wa khairi ma fiihi , wa a’uuzubika min sharri maa fiihi , innaka ‘alaa kulli shai’in qadiir.

Artinya : Ya Allah, Aku memohon pada Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah Yang Maha Berkuasa menentukannya.

Doa diatas dibaca saat akan memulai pekerjaan, sedangkan saat pertama kali keluar dari rumah menuju tempat kerja, anda bisa membaca doa berangkat kerja.

Itulah bacaan doa sebelum bekerja di pagi hari bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan selalu istiqomah kita amalkan sebelum memulai pekerjaan. Ingatlah bahwa hanya ALLAH SWT lah yang berkehendak dan menentukan rezki , bukan manusia. Jadi jangan lupakan kekuatan doa.Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar