doa sapu jagad

Doa Sapu Jagad Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan kali ini akan di share tentang bacaan doa sapu jagad tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar kita paham makna dan maksud dari isi kandunagnnya. Doa sapu jagat ini bertujuan memohon kepada ALLAH SWT kebaikan dan keselamatan dunia akhirat. Lafadz doanya sangat pendek dan ringkas namun khasiatnya sangat luar biasa.

Doa sapu jagad ini juga sudah umum dan dikenal di tengah tengah masyarakat, jadi kami yakin banyak dari anda yang sudah hafal doa ini. Doa sapu jagat ini memang doa yang sangat mustajab dan memiliki banyak keistimewaan. Apalahi doa ini termasuk bagian dari Al Quran yaitu surat Al Baqarah. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW pun juga menyebut tentang doa ini.

doa sapu jagad

Doa ini merupakan doa yang singkat tapi sangat berguna dan penuh makna karena mencakup semua aspek kehidupan diantaranya untuk memohon kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan keselamatan dari siksa api neraka dan masih banyak lagi. Dengan begitu secara tidak langsung kita memohon selamat saat hidup di dunia dan dijadikan hamba yang bertakwa dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Serta selamat kelak di akhirat yaitu masuk kedalam surga dan terhindar dari api neraka.

Dan langsung saja unutk lebih jelasnya berikut ini lafadz bacaan doa sapu jagad dalam bahasa arab, latin dan artinya. Doa sapu jagad ini baik dibaca dan diamalkan kapan saja dalam setiap kesempatan.

Bacaan Doa Sapu Jagad Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafilaakhirati hasanatawwaqinaa adzaa ban naar.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Doa sapu jagad diatas sangatlah mustajab dan manjur untuk memohon kepada ALLAH SWT keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Rasulullah SAW pun senang berdoa dengan doa diatas. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Artinya : Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melihat keterangan hadist diatas, maka tidaklah diragukan lagi bahwa doa sapu jagat ini memang salah satu doa terbaik yang mencakup banyak aspek didalamnya. Jadi hanya dengan bacaan doa singkat saja, maka semua sudah termasuk berbagai keinginan dan permohonan kita ada didalam doa tersebut. Masalah khasiat dan manfaatnya jelas sangat banyak karena memang doa ini mencakup berbagai aspek.

Beberapa khasiat doa sapu jagad diantaranya adalah untuk meminta kenikmatan di dunia dan kenikmatan akhirat, untuk menyehatkan kesehatan tubuh baik lahir maupun batin, mendekatkan jodoh, dapat melapangkan hati seseorang yang mendapat musibah, akan mendapatkan keselamatan akhirat dan terhindar dari siksa api neraka.

Demikianlah teks bacaan doa sapu jagad lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa istiqomah kita baca dan amalkan setiap harinya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar