Doa Nabi Zakaria Memohon Untuk Mendapatkan Keturunan

Nabi Zakaria adalah salah satu utusan ALLAH SWT yang hingga usia lanjutnya masih belum dikaruniai keturunan. Maka dari itulah akhirnya Nabi Zakaria berdoa memohon kepaa ALLAH SWT agar diberikan anak dan keturunan yang akan mewarisinya. Peristiwa permohonan Doa Nabi Zakaria memohon keturunan ini pun diabadikan di dalam kitab suci Al Quran.

Doa Nabi Zakaria

Perihal kisah dan permohonan Nabi Zakaria ini terdapat di awal awal surat Maryam, ALLAH SWT berfirman :

Ingatlah rahmat ALLAH SWT kepada nabi Zakaria AS ketika ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara perlahan dan mengatakan :

رَبِّ إِنِّي وَهَنَ العَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْباً وَلَمْ أَكُنْ بِدُعائِكَ رَبِّ شَقِيّاً * وَإِنِّي خِفْتُ المَوالِيَ مِنْ وَرائِي وَكانَتِ امْرَأَتِي عاقِراً فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيّاً * يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيّاً

Artinya : Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridai.

Juga tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 21 dimana ALLAH SWT membahas kisah para Nabi, lalu sampailah kepada Nabi Zakaria, Keudian ALLAH SWT berfirman :

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya:

رَبِّ لاَتَذَرْنِىْ فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُالْوَارِثِيْنَ

Artinya : Wahai Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku seorang diri (dengan tidak meninggalkan zuriat) dan Engkau jugalah sebaik-baik yang mewarisi (Qs Al Anbiya : 21)

Usia Nabi Zakariah semakin tua dan sang istri pun tidak kunjung melahirkan seorang anak, akhirnya Nabi Zakaria pun mengangkat tangan dan berdoa kepada ALLAH SWT Tuhan semesta alam yang berkehendak atas segala sesuatu. Jika ALLAH SWT sudah memutuskan, maka kekuatan mana yang bisa menolak. Seorang pasangan yang secara logika mustahil bisa melahirkan sekalipun jika ALLAH SWT berkehendak maka dia bisa memiliki keturunan saat itu juga.

Maka dari itu selalu berdoa dan menggantungkan harapan hanya kepadaALLAH SWT. Bagi yang belum diberi keturunan bisa membaca doa Nabi Zakaria saat meminta anak dan keturunan. Bacaan doanya sangat pendek dan mudah dihafal tapi khasiat dan manfaatnya terbukti, ini juga doa seorang Nabi utusan ALLAH SWT, jadi insyaallah ampuh dan mustajab.

Doa nabi Zakaria Agar Cepat Punya Anak

Dan berikut ini teks bacaan doa Nabi Zakaria lengkap dalam lafadz bahasa arab dan terjemahannya.

رَبِّ هَبْ لى مِنْ لَدُنْكَ ذُرِيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَميعُ الدُّعاء

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa. (QS Ali ‘Imran (3): 38)

Do’a diatas bisa dibaca dan diamalkan kapan saja, tidak ada tata cara khusus dalam mengamalkannya. Niatkan ikhlas dan tulus memohon kepada ALLAH SWT agar diberikan keturunan dan anak yang sholeh dan sholehah.

Itulah bacaan Doa Nabi Zakaria Memohon Untuk Mendapatkan Keturunan. Bagi yang ingin cepat hamil dan dikaruniai seorang anak, selain memohon dengan bahasa kita sendiri, tambah juga dengan doa diatas, insyaallah dikabulkan oleh ALLAH SWT. Akhir kata semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Doa Nabi Zakaria Memohon Untuk Mendapatkan Keturunan | Khamid | 4.5