Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus Ketika Dalam Perut Ikan Paus dan Artinya

Salah satu kisah para Nabi utusan ALLAH SWT yang paling dikenal adalah ketika Nabi Yunus AS ditelan oleh ikan paus. Ketika didalam perut ikan paus tersebut beliau berdo’a memohon ampun kepada ALLAH SWT. Doa Nabi Yunus tersebut sangat fenomenal dan sampai sekarang dibaca oleh umat muslim di berbagi dzikir dan wiridnya. Doa Nabi Yunus itulah yang akan dibahas kali ini mulai dari bacaanya dalam lafadz arab, latin serta dan artinya. Lalu bagaimana sejarah dan manfaat membaca doa ini.

Doa yang dilafalkan oleh Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus disebut juga do’a dzun nuun dan masuk dalam salah satu bacaan ismul adzhom. Doa ini juga diabadikan dalam kitab suci Al-Quran oleh ALLAH SWT. Jadi khasiat dan keutmaan doa ini tidak diragukan lagi. Ini adalah doanya para Nabi yang insyaallah sangatlah mustajab jika dibaca dengan niat yang benar.

Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus Diabadikan dalam Al Quran

Ayat Al Quran yang menerangkan doa ini adalah pada surat Al Anbiya ayat 87-88, dimana saat itu Nabi Yunus memohon dan memanjaka doa penuh makna kepada ALLAH SWT mulai dari Pengesaan Allah, Pemaha-Sucian Allah, dan istighfar, pengakuan atas kesalahan yang telah ia perbuat, semua itu merupakan wujud dari taubat yang Nabi Yunus lakukan. Berikut firman ALLAH SWT dalam Qs Al Anbiya 87-88 :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Artinya : Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiyaa’ : 87-88)

Manfaat dan Khasiat Membacanya

Doa apapun itu asal ditujukan kepada ALLAH SWT dan dengan niat yang baik maka pastilah bermanfaat bagi kita. Hal ini karena ALLAH SWT selalu menerima permintaan dan doa hambanya. Do’a Nabi Yusuf pun begitu, bahkan ini adalah doa khusus yang banyak sekali keutamaan didalamnya karena tercantum dalam Al Quran dan diucapkan oleh seorang Nabi. Hadits Nabi berikut ini akan menjelaskan salah satu keutamaannya :

Rasulullah SAW juga bersabda, “Siapa pun orang Islam yang membaca doa itu saat sedang sakit sebanyak 40 kali lalu dia mati, maka dia diberi pahalanya orang yang mati syahid. Apabila dia sembuh maka dosa-dosanya terampuni.” (HR.Al-Hakim)

Doa Nabi Yunus

Setelah melihat akan manfaat dan sejarah dari doa ini, maka tidak ada alasan untuk tidak mengamlkannya. Waktu membacanya bisa kapan saja dan tidak ada cara khusus. Bahkan saya yakin anda sudah mengerti bacaannya karena memang doa ini sangat umum. Hanya saja mungkin kita tidak tahu asal usul doa yang kita baca.  Dan berikut ini bacaan doanya :

لاَ إِ لهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحنَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ

 Laa ilaaha illa anta. Subhaanaka, innii kuntu minaz zhaalimiin

Artinya : Tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk dalam golongan orang-orang yang dhalim.

Bagaimana? pernah mendengar lafadz doa diatas bukan. Untuk diketahui bahwa doa itulah yang dibaca Nabi Yusuf ketika ditelan ikan paus. Dan subhanallah hingga kini setelah ribuan tahun masih dibaca dan diamalkan oleh kaum muslimin. Sekian dan terima kasih sudah menyimak artikel berjudul Doa Nabi Yunus, semoga bermanfaat bagi kta semua. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar