Doa Nabi Ibrahim dalam Al Quran yang Mustajab dan Penuh Kebaikan

Doa Nabi Ibrahim dalam Al Quran yang Mustajab dan Penuh Kebaikan

Nabi Ibrahim AS adalah salah satu utusan ALLAH SWT yang termasuk rasul ulul azmi dimana doa doanya dikabulkan oleh ALLAH SWT. Nabi Ibrahim pernah berdoa untuk anak cucunya, untuk kota mekkah dan banyak lagi doa doa Nabi Ibrahim yang ada dalam Al Quran dan diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya.

Beberapa doanya mungkin sudah sering kita baca seperti “hasbunallah wanikmal wakil”, doa ini diucapkan oleh Nabi Ibrahim saat dibakar oleh api dan dengan izin ALLAH SWT api tersebut menjadi dingin sehingga loloslah Nabi Ibrahim. namun ada banyak doa lainnya yang jarang kita dengar. Doa para Nabi berbeda dan jelaslah lebih utama dan afdhol dibanding doa manusia lainnya. Apalagi doanya diambil dari dalam Al Quran, insyaallah mustajab dan diijabah oleh ALLAH SWT.

Doa Nabi Ibrahim

Nah, langsung saja berikut ini kumpulan bacaan doa Nabi Ibrahim lengkap dalam lafadz bahasa arab dan terjemahan indonesianya.

Doa Nabi Ibrahim dalam Al Quran

Dari banyak doa yang pernah diucapkan Nabi Ibrahim, beberapa diantaranya diabadikan dan tercatat dalam kitab suci Al Quran, apa saja doanya? simak dibawah ini (Khusus yang ada dalam Al-Quran) :

Doa untuk kebaikan dan keberkahan negeri

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آَمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آَمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِر

Artinya : Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Wahai Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. (al-Baqarah: 126)

Doa mohon seorang Rasul untuk masa depan umat

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya : Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Baqarah : 129)

Doa Nabi Ibrahim memohon ampun untuk umat islam sampai hari kiamat

رَبِّ اجْعَْلِني مُقِيمَ الصَّ َ لاةِ وَمِن ُذرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتََقبَّلْ دُعَاء رَبَّنَا ا ْ غفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِِنينَ يَوْمَ يَُقومُ الْحِسَاب

Artinya : Ya Allah, jadikanlah aku dan anak cucuku orang‐orang yang teguh mendirikan shalat, ya Allah kabulkan doaku. Ya Allah ampunanilah diriku dan kepada kedua orang tuaku serta orang‐orang mukmin pada hari kiamat.” (QS. Ibrôhîm: 41‐42).

Doa Nabi Ibrahim untuk anak cucunya agar rajin shalat

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Artinya : Ya Tuhan Kami, Sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan Kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka Jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur. (Qs Ibrahim : 37)

Doa Nabi Ibrahim Lainnya

Jika diatas adalah doa Nabi Ibrahim yang diambil dari Al-Quran, selanjutnya adalah doa doa lain yang pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim dan Ismail setelah memperbaiki ka’bah mengangkat tangan berdoa :

رَبَّنا تَقَبَّلْ مِنّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ العَلِيمُ * رَبَّنا وَاجْعَلْنا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنا مَناسِكَنا وَتُبْ عَلَيْنا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوّابُ الرَّحِيمُ * رَبَّنا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولاً مِنْهُمْ يَتْلُوا عَلَيْهِمْ آياتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الكِتابَ وَالحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ إِنَّكَ أَنْتَ العَزِيزُ الحَكِيمُ

Artinya : Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Qur’an) dan Al-Hikmah serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ وَيَقُولُ إِنَّ أَبَاكُمَا كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ (صحيح البخاري

Artinya : Dari Ibn Abbas ra anhuma, bahwa Nabi saw berdoa mohon perlindungan Allah untuk cucu beliau saw yaitu Hasan dan Husein, seraya bersabda : “Sungguh Ayahanda kalian (kakek moyang kalian yaitu Nabi Ibrahim as) meminta perlindungan Allah untuk Ismail dan Ishak (putra Nabi Ibrahim as yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Ishaq) dengan Doa : Aku berlindung Demi kalimat kalimat Allah kesemuanya, dari segala syaitan, dan segala racun, dan dari segala penyakit penyakit akal dan kegilaan” (Shahih Bukhari).

Doa Nabi Ibrahim Ketika Dibakar Oleh Api

Saat Nabi Ibrahim dibakar oleh api, beliau ditawari bantuan oleh malaikat jibril, kemudian Nabi Ibrahim menjawab dan berdoa seperti berikut ini :

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya : Cukuplah Allah menjadi penolong Kami dan Allah adalah Sebaik-baik Pelindung.

Dan dengan izin serta pertolongan Allah SWT, api yang sangat besar dan panas yang sedang membakar tubuh Ibrahim itu tidak mampu membinasakannya, karena api tersebut menjadi dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim. Doa ini juga diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW saat perang badar. Doa yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita karena sering dibaca diberbagai acara dzikir.

Itulah kumpulan doa Nabi Ibrahim lengkap yang bisa kita baca dan amalkan. Perlu diketahui bahwa tidak ada cara khusu dan spesial dalam mengamalkan doanya, silahkan dibaca kapan saja dan dimana saja semata mata memohon dan mengharap rahmat ALLAH SWT. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar