Doa Nabi Adam AS Bertaubat dan Memohon Ampun

Doa Nabi Adam AS Bertaubat dan Memohon Ampun

Doa Nabi Adam adalah salah satu doa yang mustajab dan luar biasa ampuhnya. Do’anya juga sanat pe’ndek dan sangat mudah anda hafalkan. Meski pendek, khasiat dan manfaatnya sangat besar, terutama untuk memohon ampun dan bertobat kepada ALLAH SWT atas segala dosa dosa kita.

Doa Nabi adam ini adalah doa tertua dan yang pertama kali diucapkan oleh seorang hamba kepada Tuhannya. Dan dengan do’a ini ALLAH SWT mengampuni kesalahan Nabi Adam AS. Nabi Adam sendiri tinggal dan hidup tentram di surga bersama pasangannya siti hawa. ALLAH SWT memberikan sebuah peraturan untuk tidak memakan buah khuldi, namun iblis membujuk dan merayu sehingga tergodadan dimakanlah itu buah khuldi.

Akhirnya Nabi Adam dan Siti Hawa pun dipisahkan dan dihukum oleh ALLAH SWT, saat itulah Nabi Adam berdoa kepada ALLAH SWT dan doa itulah yang akan kita bagikan dikesempatan ini. Do’a ini sangatlah mujarab dan insyaallah mencakup semua hajat kita, bagaimana tidak, ini adalah doanya para Nabi, jelas berbeda dengan rangkaian doa yang kita susun dari kata kata sendiri, bahkan doa pertama yang diucapkan Nabi Adam saat disurga diabadikan oleh ALLAH SWT didalam Al-Quran.

Doa Nabi Adam

Dan selengkapnya langsung saja berikut ini teks bacaan doa Nabi Adam saat bertaubat dan memohon ampun lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan indonesianya.

Doa Nabi Adam

Setelah memakan buah khuldi, Nabi Adam langsung merasa bersalah dan segera bertobat memohon ampun kepada ALLAH SWT dan mengucapkan sebuah doa yang diabadikan dalam sebuah surat dalam Al-Quran yaitu disurat Al A’raf ayat ke 23. Doa ini diucapkan oleh Nabi Adam ketika beliau masih berada di surga. Berikut ini bacaan doanya :

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbanaa zholamnaa anfusanaa waillam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin

Artinya : Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. ( QS. Al A’raf : 23 )

Setelah diturunkan ke bumi oleh ALLAH SWT akibat melanggar larangan ALLAH SWT dengan memakan buah khuldi, Nabi Adam langsung bergegas menuju ka’bah dan melakukan tawaf sebanyak 7 kali serta melakukan shalat 2 rakaat. Kemudian bertobat memohon ampun kepada ALLAH SWT dengan malafadzkan doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ
Artinya : Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Tahu keadaaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu akan hajat / keperluanku maka berilah aku segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu akan apa yang ada dalam diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu iman yang langgeng yang selalu melekat pada hatiku, dan aku memohon keyakinan yang sunguh-sungguh hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa-apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku, dan aku memohon kerelaan atas apa yang Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan.

ALLAH SWT kemudian menjawab doa Nabi Adam tersebut dengan jawaban lebih indah lagi :

“Hai Adam, Aku telah terima taubatmu dan telah Aku ampuni dosamu. Tidak ada seorang pun di antara keturunanmu yang berdoa dengan doa sepertimu kecuali Aku ampuni dosa-dosanya, Aku angkat kesedihan dan kesulitannya, Aku cabut kefakiran dari dirinya, Aku niagakan dia melebihi perniagaan semua saudagar, Aku tundukkan dunia di hadapannya meskipun dia tidak menghendakinya.”

Lihatlah balasan dari ALLAH SWT, melihat jawaban ALLAH SWT tersebut maka tunggu apa lagi. Sangat jelas bahwa keutamaan doa ini sangat besar. dengan satu doa pendek saja maka ALLAH SWT menjanjikan pengampunan dosa, menghilangkan segala macam kesusahan dan kekayaan berlimpah.

Do’a ini bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Tidak ada aturan khusus dalam mengamalkannya. Sekian artikel tentang bacaan doa Nabi Adam As kali ini, semoga bermanfaat dan bisa kita amalkan setiap harinya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar