Doa Mohon Ampun Kepada Allah SWT dari Segala Dosa Besar dan Kecil

Doa Mohon Ampun Kepada Allah SWT dari Segala Dosa Besar dan Kecil

Pembahasan kali ini adalah mengenai bacaan doa mohon ampun kepada ALLAH SWT dari segala dosa besar dan kecil lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Terkadang kita sebagai manusia tak pernah lepas dari kesalahan dan berbuat dosa baik dosa besar maupun dosa kecil yang mungkin hampir setiap hari kita lakukan tanpa disadari. Maka dari itu tidak ada alasan bagi kita untuk selalu berdoa memohon ampunan atas segala dosa yang kita kerjakan.

Doa Mohon Ampun Kepada Allah SWT dari Segala Dosa Besar dan Kecil

Dan berdoa mohon ampun dan perlindungan ini haruslah kita lakukan setiap hari tanpa henti. Setiap hari juga kita haruslah bertaubat dan tak henti hentinya memperbaruhi tobat. Janganlah menyerah akan rahmat dan kasih sayang ALLAH SWT, sebesar apapun dosa kita misalnya berzina sekalipun, jika kita bertaubat dengan sungguh sungguh, maka ALLAH SWT pasti akan mengampuni kita semua.

Di dalam kitab suci Al-Quran ALLAH SWT berfirman sebagai berikut :

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya:“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka, dan tidaklah pula Allah meng­azab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (Surat al-Anfaal ayat 33).

Kemudian Rasulullah SAW bersabda dalam Haditsnya sebagai berikut :

عَنْ أَنَسِ بنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : (( قَالَ اللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَـى : يَا ابْنَ آدَمَ ، إنَّكَ مَا دَعَوْتَنِيْ وَرَجَوْتَنِيْ غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيْكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ، ثُمَّ اسْتَغفَرْتَنِيْ ، غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِيْ ، يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ، ثُمَّ لَقِيتَنيْ لَا تُشْرِكُ بِيْ شَيْئًا ، لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابهَا مَغْفِرَةً )).

Artinya: Dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Allâh Azza wa Jalla berfirman, ‘Hai anak Adam! Sesungguhnya selama engkau berdo’a dan berharap hanya kepada-Ku, niscaya Aku mengampuni dosa-dosa yang telah engkau lakukan dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam ! Seandainya dosa-dosamu setinggi langit, kemudian engkau minta ampunan kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam ! Jika engkau datang kepadaku dengan membawa dosa-dosa yang hampir memenuhi bumi kemudian engkau bertemu dengan-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan memberikan ampunan sepenuh bumi.” [HR. at-Tirmidzi].

Melihat dalil Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW diatas, maka kita bisa melihat bahwa ampunan ALLAH SWT sangatlah luas. Cara memohon ampun kepada allah dimulai dengan mengucapkan bacaan istighfar paling minimalnya, kemudian jangan lupa untuk taubat nasuha dengan sugguh sungguh dan berjanji tidak akan mengulangi dosa dosa yang perna dikerjakan, lalu tambah dengan berdoa mohon ampun dari dosa besar dan dosa kecil secara rutin. Maka seketika juga ALLAH SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang pasti akan menghapus semua dosa dosa anda. Agar lebih lengkap selain mendoakan diri sendiri, jangan lupa untuk juga mendoakan kebaikan dan pengampunan untuk kaum muslimin lainnya.

Dan langsung saja untuk lebih jelasnya berikut ini kumpulan doa mohon ampun kepada ALLAH SWT yang mustajab dan ampuh lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Doa doa ini bisa dibaca kapan saja terutama setelah sholat wajib 5 waktu.

Doa Memohon Ampun

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

“Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii”

Artinya: Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan.

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Rabbanaa aamanna fagfirlanaa warhamnaa wa anta khairurrahimiin

Artinya:Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik (QS. Al-Mukminun 109).

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإيمَانِ وَلا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

rabbanaa ighfir lanaa wali-ikhwaaninaa alladziina sabaquunaa bial-iimaani walaa taj’al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiimun

Artinya: Ya Rabb Kami, beri ampunlah Kami dan saudara-saudara Kami yang telah beriman lebih dulu dari Kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati Kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb Kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Hasyr ayat 10).

Demikianlah teks bacaan doa mohon ampun kepada ALLAH SWT dari segala dosa besar dan kecil lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga kita bisa istiqomah membaca doa minta ampunan diatas agar kita selalu dalam rahmat dan kasih sayang ALLAH SWT serta semua dosa dosa kita yang lalu dan akan datang diampuni. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar