Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan di share tentang bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jadi, ketika kita akan menyembelih hewan baik untuk berqurban atapun aqiqah, kita disunnahkan untuk membaca doa memotong hewan qurban dan aqiqah. Dengan begitu proses kurban akan semakin sempurna.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Proses penyembelihan hewan qurban biasanya dilakukan pada saat hari raya idul adha tepatnya setelah sholat idul adha. Dalam hadits dijelaskan sebagai berikut ini :

“Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat (Idul Adha), maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat (Idul Adha), maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunnah kaum muslimin.” (HR. Bukhari No. 5546).

Proses saat kita menyembelih hewan kurban sendiri harus dipelajari, ada hal hal yang wajib seperti menyebut nama ALLAH SWT. Ada juga hal hal sunnah seperti mengucap bersholawat, menghadap kiblat dan tentu saja membaca doa menyembelih hewan qurban milik sendiri atau ditujukan untuk milik orang lain. Berikut ini dalil hadist dan ayat Al-Quran yang menjelaskannya :

“Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan.” (QS. Al-An’am: 121)

فَكُلُواْ مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

Artinya: Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya. (Qs Al An’am ayat 118)

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا – متفق عليه

Artinya : “Sesungguhnya Rasulullah S.A.W menyembelih dua domba putih yang bertanduk dengan tangannya sendiri, seraya mengucapkan basmalah dan bertakbir. Beliau meletakkan kakinya disamping leher domba (H.R. Bukhori-Muslim).

Ada juga adab adabnya yakni sebelum memotong hewan, perlakukan dengan lembut, dan robohkan dengan baik dan benar dalam artian tidak kasar dan menyakitkan hewan yang akan disembelih. Juga jangan mengasah pisau untuk menyembelih didepan hewan yang akan dikurbankan. Hal ini dilarang oleh Rasulullah SAW. Semua tata cara dalam menyembelih diatas berlaku baik saat qurban ataupun ditujukan untuk aqiqah.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini lafadz doa menyembelih hewan aqiqah dan bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menyembelih Hewan Qurban

1. Membaca “Basmalah”

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Membaca sholawat untuk Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya:“Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Membaca doa menyembelih hewan qurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Atau bisa dengan menggunakan doa berikut ini :

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّي

Sedangkan syarat syarat hewan kurban yang harus diperhatikan adalah hewan ternak haruslah sehat dan tidak cacat. Untuk kambing kurban disyaratkan sudah kupak (berganti gigi) meskipun hanya satu gigi yang sudah kupak bila kambingnya kambing domba (biri-biri) sekalipun belum mencapai umur satu tahun asalkan sudah mencapai 6 bulan atau lebih, adapun untuk kambing kacang (bandot) atau kambing jawa maka disyaratkan sudah mencapai dua tahun genap paling minimal.

Syarat-syarat binatang kurban jika berupa kambing maka syarat disebutkan diatas dan jika kerbau / sapi maka harus mencapai umur 2 tahun genap ditambah lagi untuk keduanya dengan syarat-syarat berikut: tidak boleh mempunyai penyakit gatal-gatal, tidak boleh pincang kakinya, tidak boleh sakit kecuali sakit ringan yang tidak mempengaruhi dagingnya, tidak boleh buta matanya, tidak gila, tidak terpotong bagian telinga atau lidahnya, tidak tanggal seluruh giginya.

Demikianlah teks bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk meluruskan niat, selalu menyebut nama ALLAH SWT serta mengamalkan doa yang dibaca ketika menyembelih hewan kurban. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar