Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah teks bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya lafadz doa ketika menuntut ilmu ini selalu dibaca seiringan dengan usaha dan ikhtiar kita dalam belajar. Hal ini karena kita haruslah memohon kepada ALLAH SWT, sang pemilik ilmu. Jadi jangan sombong dengan mengatakan bahwa saya bisa dan ilmu ini hasil dari pemikiran saya.

Namun katakanlah bahwa ilmu ini datangnya dari ALLAH SWT. Sehingga selain belajar dengan rajin dan giat, tambah juga dengan berdoa sebelum belajar dan menuntut ilmu pengetahuan dan agama. Menuntut ilmu sendiri wajib hukumnya bagi setiap muslim. Bahkan hingga ia meninggal pun masih diwajibkan atasnya menuntu ilmu. Yang wajib disini adalah ilmu agama islam.

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Jadi jangan hanya mecari ilmu pengetahuan keduniaan saja, namun ilmu agama yag lebih penting malah ditinggalkan. Lalu bagaimana doa mencari ilmu yang benar dan mustajab? Sebenarnya ada banyak doa yang bisa dibaca dan anda pun bisa berdoa dengan bahasa dan kata kata anda sendiri. Namun dibawah ini akan dishare kumpulan doa menuntut ilmu yang insyaallah mujarab agar ilmu bisa diserap, dicerna dan dipahami dengan mudah.

Dan selengkapnya berikut ini bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat agar diberi kemudahan menyerap dan memahami pelajaran lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menuntut Ilmu

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naaafi’an wa ‘amalam mutaqobbalaa’ wa rizqona’waasi’an wa ilal khoiri qorribna’a wa ‘anisy syarri ba’idnaa

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek.

Doa Menuntut Ilmu 2

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Doa Menuntut Ilmu 3

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman,Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.

Demikianlah bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga dengan membaca lafadz doa diatas kita dimudahkan oleh ALLAH SWT dalam mencerna dan memahami pelajaran ketika sedang menuntut ilmu. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar