Doa Menghadapi Ujian Nasional, Sekolah, Tes dan Ulangan Agar Lulus

Doa Menghadapi Ujian Nasional, Sekolah, Tes dan Ulangan Agar Lulus

Pembahasan kali ini adalah mengenai bacaan doa menghadapi ujian nasional, sekolah, tes dan ulangan agar lulus lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Terkadang saat proses belajar dan menempuh pendidikan di bangku sekolah atau kuliah, kita sering dihadapkan pada berbagai macam ujian seperti semester akhir, skripsi, presentasi dan lain sebagainya.

Untuk menghadapinya, tentulah belajar dengan giat dan sungguh sungguh merupakan kewajiban. Namun ada juga hal yang tak kalah pentingnya, yaitu berdoa agar dapat nilai ujian bagus. Dengan memohon dan bermunajat kepada ALLAH SWT, maka insyaallah kita akan dimudahkan dan diberi ilmu pengetahuan untuk mengerjakan berbagai soal ujian dengan baik.

Doa Menghadapi Ujian Nasional, Sekolah, Tes dan Ulangan Agar Lulus

Perpaduan antara ysaha dan doa memang merupakan jalan terbaik atas segala permasalahan. Jangan pernah untuk melupakan ALLAH SWT karena sesungguhnya dialah yang berkuasa atas segala sesuatunya termasuk nasib kita. Jadi sebelum mengerjakan tes ujian atau ulangan, perbanyak dzikir dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, kemudian minta doa dari kedua orang tua kita, lalu berdoa kepada ALLAH SWT. Sisanya kta hanya tinggal bertawakkal saja dan ridho atas hasil dari ujian yang kita jalani.

Untuk doa sebelum ujian, kita bisa berdoa dengan menggunakan kata kata kita sendiri. Namun ada beberapa doa yang mustajab dan ampuh sehingga sangat dianjurkan untuk diamalkan. Beberapa doa ini diambil dari Al-Quran dan salah satunya adalah doa Nabi Musa AS.

Langsung saja berikut ini teks bacaan doa sebelum menghadapi ujian akhir semester, ujian nasional/sekolah dan ulangan lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Doa dibawah ini juga bisa digunakan untuk berbagai tes seperti saat akan wawancara/interview masuk kerja dan lain sebagainya agar kita selalu dberi kemudahan oleh ALLAH SWT.

Doa Sebelum Ujian Agar Lisan Lancar (Doa Nabi Musa AS)

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Surat Thaahaa : 25-28)

Doa Menghadapi Ujian Agar Dimudahkan

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya : “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Doa Agar Diberi Tambahan Ilmu

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Rabbi zidnii ‘ilmaa.”

Artinya :“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114).

Demikianlah teks bacaan doa menghadapi ujian sekolah, nasional, ulangan dan tes agar lulus dan mendapat nilai bagus lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah lafadz doa agar lulus ujian diatas bisa bermanfaat dan diamalkan. Dengan begitu kita akan lancar dan dimudahkan oleh ALLAH SWT dalam mengerjakan soal soal ujian. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar