Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini akan dishare teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan zakat mal lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jadi hendaknya kita tidak lupa untuk berdoa ketika menerima zakat baik itu zakat fitrah maupun zakat maal. Untuk bacaan do’anya sendiri cukup singkat dan tidak panjang. Insyaallah dengan membacanya maka zakat yang kita terima akan penuh berkah dan kebaikan akan menyertai kita.

Zakat sendiri hukumnya wajib dan merupakan salah satu rukun islam yang harus dikerjakan. Zakat terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah yang dikeluarkan dan dibayarkan menjelang hari raya idul fitri dan zakat mall (zakat harta). Diutamakan membayar zakat fitrah dengan menggunakan makanan pokok di wilayah tersebut misalnya beras, gandum, susu, kurma dan lain sebagainya.

Doa Menerima Zakat Fitrah dan Zakat Mal Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Sedangkan golongan yang berhak menerima pemberian zakat terbagi menjadi 8 yaitu fakir (orang yang tidak memiliki harta), miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), riqab (hamba sahaya atau budak), gharim (orang yang memiliki banyak hutang), mualaf (orang yang baru masuk Islam), fisabilillah (pejuang di jalan Allah), ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Dan dalam proses zakat sendiri ada doa dan niat yang harus dibaca salah satunya yang akan kita share kali ini yaitu doa menerima zakat mal dan zakat fitrah. Selain itu ada juga doa ketika kita membayar dan mengeluarkan zakat. Ini semua telah diajarkan oleh islam dan bisa dilihat dalam fiqih islam bab zakat.

Dan bagi yang belum tahu bagaimana doa menerima zakat yang shahih sesuai sunnah Rasulullah SAW, Simak dibawah ini lafadz doa menerima zakat fitrah dan zakat mall lengkap daalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menerima Zakat

اَجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya : Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Demikianlah teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan mal lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga dengan membaca doa ketika kita menerima zakat, akan menjadikan zakat yang kita terima menjadi lebih berkah. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar