Doa Menempati Rumah Baru Menurut Islam Bahasa Arab dan Artinya

Pada kesempatan kali ini akan di share tentang doa menempati rumah baru. Ada beberapa doa yang bisa dibaca saat memasuki rumah baru. Bacaan doanya pendek dan mudah dihapal. Semaunay disajikan lengkap dalam lafadz bahasa arab, latin dan artinya.

Sebelum masuk ke rumah baru tentunya kita dianjurkan untuk berdoa dan memohon kepada ALLAH SWT Tuhan yang maha kuasa agar rumah kita menjadi berkah serta kita selamat dan terhindar dari segala marabahaya. Anda bisa membaca berbagai macam doa, dengan membaca sholawat, membaca Al Quran, berdzikir dan lain sebagainya. Namun kal ini akan kami bagikan beberapa doa khusus yang bisa anda baca ketika menempati rumah baru.

Yang paling utama dari semua itu adalah jangan lupa untuk bersyukur kepada ALLAH SWT karena anda telah diberikan sebuah hunian baru. Setelah itu berdoa dan gunakan rumah anda untuk hal hal yang baik dan diridhoi oleh ALLAH SWT. Gemakan bacaan Al Quran dan sholawat serta dzikir setiap harinya agar rumah anda penuh dengan cahaya dan keberkahan.

doa menempati rumah baru

Adapun mengenai bacaan doanya, langsung saja simak berikut ini teks bacaan doa menempati rumah baru menurut islam dalam bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya agar kita mengerti makna dan isi kandungan doanya.

Doa Ketika Menempati dan Masuk Rumah Baru

Membaca Basmalah

Hal pertama yang haruslah dilakukan sebelum memasuki rumah baru yaitu membaca “Bismillahirrahmanirrahim”. Aapapun pekerjaan dan kegiatannya maka jika diawali dengan basmalah maka akan penuh dengan keberkahan. Dijelaskan dalam sebuah hadist sebagai berikut :

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

“Dari Jabir bin Abdullah bahwa dia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Apabila seseorang hendak masuk rumahnya kemudian dia berzikir kepada Allah ketika masuk dan ketika akan menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan -kepada pengikutnya-, ‘Kalian tidak bisa tidur di sini dan tidak pula mendapatkan bagian makanan’. Kemudian apabila dia memasuki rumahnya namun tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya maka syaitan akan berkata, ‘Kalian bisa menginap malam ini’. Dan apabila dia tidak berzikir kepada Allah ketika menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan, ‘Kalian bisa menginap dan makan di sini.. ”
(HR. Muslim).

Membaca Dzikir

Ada salah satu kalimat dzikir yang dianjurkan dan cocok dibaca jika anda pindah ke rumah baru. Berikut bacaan dzikirnya :

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq..”

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini :

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

“Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A’udzuBikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya ) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut.”(HR. Muslim )

Catatan : Dzikir dan doa diatas ada dan termasuk salah satu bacaan dalam ratib al haddad.

Membaca Al Quran

Sangat dianjurkan memperbanyak membaca Al Quran terutama surat Al Baqarah, Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq. Juga jika akan memasuki rumah dianjurkan untuk membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali. Diriwayatkan dalam Shahih Muslim, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya.”

Bisa juga ditambahkan doa:

“Rabbi anzilnii munzalan mubaarakan waAnta Khairul munziliin”(Q.23: 29).

Artinya : “Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang terberkati. Dan Engkaulah se-baik-baik yang menempatkan.”(Doa ini diajarkan Allah kepada Nabi Nuh AS)

Dan tambahkan doa ini :

Robbii inni as’aluka khaira haa wa khaira ahlihaa, wa khaira maa fiiha. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiiha

Artinya : Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan darinya (rumah/tempat yang akan dimasuki), dan dari kebaikan penghuninya dan kebaikan apa-apa yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya, keburukan penghuninya dan keburukan apa-apa yang ada di dalamnya.

Membaca Ratib Al Haddad

Bagi anda yang bingung mengenai amalan dan doa yang tepat maka bisa dengan membaca dzikir dan wirid ratib al haddad karya Al Habib Abdullah bin Alawi Alhaddad. Didalamnya terangkum berbagai macam dzikir dan wirid yang bersumber dari Al Quran dan hadits Nabi, ada sholawat dan bacaan Al-Quran pula didalamnya. Bisa dibaca dan diamalkan setiap habis maghrib atau isyak. Insyaallah rumah anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan jin dan manusia.

Itulah beberapa amalan dan doa menempati rumah baru yang bisa dibaca dan diamalkan setiap harinya. Besar harapan dengan membaca doa diatas rumah kita diberkahi oleh ALLAH SWT dan terhindar dari segala macam musibah. Wallahu a’lam.

Doa Menempati Rumah Baru Menurut Islam Bahasa Arab dan Artinya | Khamid | 4.5