Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya – Pasar adalah tempat dan pusat perbelanjaan dimana didalamnya terdapat aktifitas jual beli berbagai kebutuhan manusia untuk hidup sehari harinya. Bisa dibilang pasar termasuk tempat sentral yang jelas ramai dikunjungi setiap harinya.

Aktifitas jual beli dan transaksi berbau keduniaan terjadi didalamnya, sehingga tak jarang kita seolah lupa kepada ALLAH SWT. Melalaikan aturan dan hukumnya saat berada didalam pasar serta Lepas dari berdzikir kepada ALLAH SWT.

Dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa pasar termasuk tempat yang buruk dan dibenci oleh ALLA SWT. Hal ini karena didalamnya rawan terdapat praktek jual beli yang tidak sehat, tipu menipu dan curang semisal mengurangi timbangan. Namun jika semuanya dilakukan sesuai aturan islam, maka insyaallah pasar tersebut akan berkah. Apalagi di tengah keramaian pasar rawan sekali dengan aksi kejahatan sehingga kita perlu waspada saat berada didalamnya. Kepada siapa lagi kita meminta pertolongan jika bukan kepada ALLAH SWT.

doa masuk Pasar
Ilustrasi : Suasana Pasar

Banyak sekali adab dan amalan yang semestinya kita jaga dan amalkan saat masuk pasar. Namun kita mulai dulu dari yang paling ringan, paling awal dan paling besar pahalanya insyaallah. Amalan sunnah yang pertama harus kita lakukan adalah membaca doa masuk pasar sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW dalam hadistnya berikut ini.

Dari Umar bin al-Khathab RA, Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya :

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

Artinya : “Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan, “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dialah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,” niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat”.” ( HR. At-Tirmidzi no. 3350, Ibnu Majah no. 2226, Al-Hakim no. 1930)

Melihat fadhilah dan keutamaan yang begitu besar hanya dengan membaca doa masuk pasar. Saya kira tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mengamalkan sunnah Nabi SAW diatas. Doa ini juga bisa diamalkan saat masuk ke dalam pusat perbelanjaan lainnya seperti Mall misalnya.

Doa masuk pasar ini sangat pendek dan mudah dihafal oleh siapa saja, namun manfaat yang kita dapat sangatlah besar. Selain pahala yang luar biasa, maka insyaallah kita terjaga dari hal hal buruk selama didalam pasar dan transaksi jual beli kita lancar serta penuh berkah. Bahkan diceritakan bahwa banyak para ulama yang masuk ke pasar, lalu membaca doa ini dan setelahnya langsung pulang.

Mereka melakukan ini semata mata hanya ingin mengamalkan sunnah Rasul SAW dan mengambil manfaat yang dijanjikan seperti yang tertuang dalam sabda Nabi SAW. Adapun jika melihat hadist diatas, maka bacaan doa masuk pasar adalah seperti dibawah ini. Kami sajikan dalam lafadz arab dan tulisan latin serta terjemahan bahasa indonesianya untuk memudahkan kita.

Doa Masuk Pasar

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa Ilaaha Illallaahu wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu, Yuhyii, Wayumiitu, Wahuwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khairu, Wahuwa ‘alaa Kulli Syai-in Qadiir

Artinya : Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Itulah artikel tentang Bacaan Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya. Luar biasa sunnah Nabi SAW ini, mudah dan ringan dikerjakan tapi faedahnya sangat besar. Maka bagi anda yang sering bolak balik pasar terutama kaum ibu ibu, jangan lupa membaca doa masuk pasar ini. Dan akhir kata semoga membawa manfaat untuk kita semua. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar