Doa Masuk Kuburan (Makam) Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Doa Masuk Kuburan (Makam) Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan di share tentang bacaan doa masuk kuburan (makam) sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Doa ini hendaknya dibaca ketika kita melewati dan masuk kedalam wilayah pemakaman untuk berziarah. Membaca doa ketika memasuki area kuburan ini termasuk dalam salah satu adab ziarah kubur yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Bahkan tidak hanya saat masuk ke kuburan saja yang ada doanya. Kita juga hendaknya mengucap salam dan doa saat melewati makam. Ini adalah bentuk penghormatan terhadap saudara muslim kita yang telah meninggal (ahli kubur), sekaligus menjadi pengingat bahwa kita pun akan segera menyusul mereka cepat atau lambat.

Doa Masuk Kuburan (Makam) Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Lalu bagaimana doa memasuki pemakaman yang benar dan dianjurkan untuk dibaca? Dan untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan doa masuk kuburan sesuai sunnah lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Dengan begitu kita paham dan mengerti isi kandungan dari doa yang kita baca.

Doa Masuk Kuburan

السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr minal mu’minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta’khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul) kami. Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian.”

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya : (Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian).

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَآاَهْلَ الْقُبُوْرِ يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ اَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِا ْلاَثَرِ

Assalamu ‘alaikum ya ahlal qubur,yaghfirullahu lanaa wa lakum,antum lanaa salafuna wa nahnu bil atsar.

Artinya : Salam bagimu wahai ahli kubur, semoga Allah mengampuni kami dan kamu, sedangkan kamu telah mendahului kami dan kami akan mengikuti.

Demikianlah teks bacaan doa masuk kubur (makam) sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah lafadz doa masuk makam ini bermanfaat dan bisa istiqomah kita diamalkan ketika memasuki areal kuburan. Wallahu a’lam.

 

Tinggalkan komentar