Doa Malam Pertama Pengantin Baru Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Malam Pertama Pengantin Baru Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah teks bacaan doa malam pertama pengantin baru lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya lafadz doa ini dibaca oleh setiap pasangan suami istri yang baru menikah saat akan berhubungan badan di malam pertamanya. Ini adalah termasuk salah satu adab malam pertama dan sunnah malam pertama pengantin yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Selain berdoa, ada beberapa tata cara lainnya yang diajarkan oleh islam misalnya seperti melakukan sholat sunnah 2 rakaat sebelum berhubungan antar suami istri. Jika semua hal hal ini dikerjakan maka insyaallah hubungan rumah tangga dan keluarga akan dipenuhi oleh kasing sayang dan ALLAH SWT akan menurunkan rahmatnya. Jika sudah begitu, maka kebahagiaan dan keluarga sakinah mawadah warohmah akan didapatkan.

Doa Malam Pertama Pengantin Baru Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Jadi saat melakukan persiapan menghadapi malam pertama, jangan pernah lupakan untuk membaca doa malam pertama dimana ini justru yang paling penting dan memiliki manfaat serta keutamaan besar. Ini juga merupakan ajaran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Jika sebuah perkawinan dilakukan sesuai dasar islam, maka semuanya akan indah dan bahagia.

Doa ini juga hendaknya dibaca setiap hari ketika suami istri akan melakukan hubungan badan dan tidak hanya dibaca saat malam pertama atau saat berstatus pengantin baru saja. Dengan berdoa, maka syetan akan lari dan tidak akan mengganggu.

Dan bagi yang belum mengerti bagaimana lafadz doa malam pertama sesuai syariat islam yang benar? Simak dibawah ini teks bacaan doa malam pertama menikah lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dimengerti makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Malam Pertama Pernikahan Dalam Islam

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Alloohumma Innii As-Aluka Min Khoirihaa Wa Khoiro Maa Jabalathaa ‘alaihi Wa a’udzubika Min Syarrihaa Wa Syahrii Ma Jabalathaa ‘alaihi.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan istri dan juga kebaikan tabiatnya, dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya serta keburukan tabiatnya.”

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya berkata bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا تَزَوَّجَ أَحَدُكُمْ امْرَأَةً أَوِ اشْتَرَى خَادِمًا فَلْيَأْخُذْ بِنَاصِيَتِهَا (وَلْيُسَمِّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ) وَلْيَدْعُ لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَلْيَقُلْ: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ.

“Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta do’akanlah dengan do’a berkah seraya mengucapkan:

ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA MIN KHOIRIHAA WA KHOIRI MAA JABALTAHAA ‘ALAIH. WA A’UDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MAA JABALTAHAA ‘ALAIH.

‘Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.’” (HR. Abu Daud, no. 2160; Ibnu Majah, no. 1918)

Doa ini dibaca oleh suami pada malam pertama sebelum melakukan hubungan suami istri. Dibaca seraya menyentuh atau mencium ubun-ubun sang istri. Dengan membaca doa malam pertama untuk istri diatas insyaallah selain menambah rahmat Allah, tentu juga menjadikan kedekatan hati antara suami dan istri yang sehingga menjadikan hubungan mereka kian romantis dan harmonis.

Doa Sebelum Berhubungan Badan (Berjimak)

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillâhi allâhumma jannibnasy-syaithâna wa jannibisy-syaithâna mâ razaqtanâ.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Engkau rizkikan kepada kami (anak, keturunan).

Dengan membaca doa sebelum berhubungan badan (berjimak) tersebut, pasangan suami istri berarti telah memulai hubungan biologis mereka dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan dasar keimanan dan ketakwaan inilah Allah akan memberi pertolongan kepada keduanya, yakni menjauhkan buah hatinya dari godaan setan. Dalam Sebuah hadits Nabi Muhammad SAW dikatakan sebagai berikut ini :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : أَمَا إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا ثُمَّ رُزِقَ أَوْ قُضِىَ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ لَمْ يَضُرَّهُ الشَّيْطَانُ

Artinya :“Ibnu Abbas berkata, Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda: “Apabila seseorang membaca doa berikut ini sebelum menggauli isterinya: “bismillah allahumma jannibnis syaithan wa jannibis syaithan ma razaqtana” (Dengan menyebut nama Allah, ya Allah, jauhkanlah syetan dari saya, dan jauhkanlah ia dari apa yang akan Eukau rizkikan kepada kami (anak, keturunan), kemudian dari hubungan tersebut ditakdirkan menghasilkan seorang anak, maka ia tidak akan diganggu oleh setan selamanya” (HR. Bukhari Muslim).

Demikianlah teks bacaan doa malam pertama pengantin baru lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan membaca doa diatas, maka malam pertama akan lebih penuh keberkahan dan keluarga kita menjadi sakinah, mawadah warohmah. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar