Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan (Reda)

Doa Ketika Turun Hujan dan Setelah Selesai Hujan (Reda)

Edisi kali ini akan di share tentang  teks bacaan doa ketika turun hujan dan doa setelah selesai hujan (reda) lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Hujan sendiri adalah rahmat yang turun dari ALLAH SWT. Maka dari itu kita harus bersyukur atas turunnya hujan dan berdoa memohon kepada ALLAH SWT agar hujan yang turun membawa kebaikan, keberkahan dan manfaat bagi seluruh makhluk.

doa ketika turun hujan

Mengenai doa ketika turun hujan ini, ada sebuah hadits yang menjelaskan tentang mustajabnya berdoa di waktu turun hujan. Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut :

اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ

Artinya : Kejarlah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.

Dengan begitu janganlah anda sia siakan waktu mustajab ini untuk berdoa. Berdoalah yang baik kepada ALLAH SWT. Seperti yang kita ketahui bahwa turunnya hujan memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua makhluk hidup di dunia ini. Apa jadinya jika ALLAH SWT tidak menurunkan hujan. Jadi ketika hujan turun, hal yang harus kita lakukan adalah bersyukur dan berdoa.

Doa turun hujan ini sangatlah pendek dan jelaslah sangat mudah dihafal. Untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan (reda) lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dipahami makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Ketika Turun Hujan

اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Alloohumma shoyyiban naafi ‘an

Artinya : Ya Allah, semoga hujan yang Engkau turunkan ini lebat dan membawa manfa’at.

Lafadz doa diatas adalah doa khusus yang diamalkan dan dibaca ketika sedang turun hujan. Adapun saat hujan sudah reda, kita juga dianjurkan untuk kembali berdoa. Berikut ini bacaan doa setelah selesai hujan (reda).

Doa Setelah Selesai Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya : Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya.

Itulah teks bacaan doa ketika turun hujan dan setelah selesai hujan (reda) lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Jangan lupa untuk senantiasa bersyukur dan membaca doa hujan diatas agar hujan yang turun penuh dengan manfaat dan keberkahan. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar