Doa Mohon Kesabaran Hati Saat Menghadapi Cobaan Hidup

Doa Mohon Kesabaran Hati Saat Menghadapi Cobaan Hidup

Islam selalu mengajarkan untuk senantiasa bersabar ketika sedang menghadapi berbagai masalah dan cobaan dalam kehidupan. Salah satu cara yang bisa kita tempuh adalah dengan berdoa mohon kesabaran kepada ALLAH SWT. Ada banyak doa yang bisa dibaca agar hati kita tenang dan lapang serta bisa menerima berbagai masalah dengan sabar. Beberapa doanya akan dibagikan di kesempatan kali ini.

Hal hal lain yang perlu dilakukan selain berdoa adalah tetap berpegang teguh pada agama dengan menjalankan semua kewajiban kita serta menjauhi apa yang dilarang oleh syariat islam. Selanjutnya tinggal bertawakkal kepada ALLAH SWT, yakinlah bahwa dibalik sebuah ujian dan cobaan, ada hikmah besar dibaliknya yang tentunya semua untuk kebaikan kita sendiri. Dengan bersabar dan berdoa, maka kesulitan bisa berubah menjadi ladang amal dan pahala.

Doa Kesabaran

Adapun doa yang diaca agar kita diberi kesabaran dan tabah menghadapi cobaan hidup tidaklah panjang dan mudah diingat insyaallah. Langsung saja dibawah ini teks bacaan doanya dalam lafadz bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Doa Agar Diberi Kesabaran dan Ketabahan

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

‘Robbanaa Afrigh ‘Alainaa Shobron wa Tsabbit Aqdaamanaa wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin’.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al Baqarah: 250).

Bisa juga dengan membaca doa berikut ini :

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

‘Allaahumma Mushorrifal Quluub, Shorrif Quluubanaa ‘Alaa Tho’atika’

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk selalu taat kepada-Mu.” (HR. Muslim).

Doa lainnya agar diberi kesabaran :

اللهمّ اجْعَلْنِي شَكُوراً ، وَاجْعَلْنِي صَبُوراً ، وَاجْعَلْنِي فِي عَيْنِي صَغِيراً ، وَفِي أَعْيُنِ النَّاسِ كَبِيراً

Allahummaj-‘alnii syakuuran, waj-‘alnii shabuuran, waj-‘alnii fii ‘ainii shaghii-ran, wafii a’yunin-naasi kabiiran

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang yang pandai bersyukur kepada-Mu, sabar menerima cobaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku sendiri, tetapi besar dalam pandangan orang lain.”

Itulah kumpulan bacaan doa memohon kesabaran dan kelapangan hati dalam menghadapi berbagai cobaan hidup. Sabar adalah sifat terpuji, jadi bersabarlah dan pasrahkan semua permasalahan hanya kepada ALLAH SWT.

Tinggalkan komentar