Doa dalam Perjalanan Jauh dan Ketika Bepergian Agar Selamat

Doa dalam Perjalanan Jauh dan Ketika Bepergian Agar Selamat

Doa Perjalanan Jauh – Islam adalah agama sempurna yang mengatur dan mengajarkan berbagai hal termauk saat kita sedang bepergian dan melakukan perjanalan jauh (safar). Dalam islam orang yang sedang dalam perjalanan disebut musafir. Ada banyak sekali tata cara dan adab seorang yang musafir yag perlu diketahui agar perjalanan kita selamat dan dalam lindungan ALLAH SWT. Salah satu yang paling penting tentunya dengan berdoa sebelum berangkat dan saat akan pulang dari bepergian.

Mereka yang melakukan perjalanan jauh sendiri memiliki beberapa keistimewaan dan salah satu diantaranya adalah doanya mustajab dan dikabulkan oleh ALLAH SWT. Berikut ini hadits yang menjelaskannya :

Tiga jenis doa yang dikabulkan dan tidak diragukan lagi, (yaitu) doa orang yang dizhalimi, doa orang yang bepergian dan orang tua (ayah) yang mendoakan (kejelekan) atas anaknya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Maka dari itu jangan lupakan berdoa kepada ALLAH SWT, terutama kita memohon agar diberi keselamatan dan perlindungan serta penjagaan dari segla malapetaka dan bahaya yang bisa saja terjadi selama kita dalam perjalanan. Apalagi perjalanan yang kita tempuh jaraknya cukup jauh. Hanya kepada ALLAH SWT lah kita memohon pertolongan agar perjalanan kita diberi kelancaran mulai dari berangkat sampai pulang kembali.

Islam sendiri mengajarkan beberapa bacaan doa yang bisa diamalkan dan dibaca ketika mau bepergian baik dekat ataupun jauh, naik kendaraan seperti mobil, motor, pesawat ataupun berjalan kaki. Intinya doa ini dibaca ketika anda akan pergi dan melakukan perjalanan ke sebuah tempat dan meninggalkan rumah dan kampung halaman anda. Hal ini terjadi biasanya saat anda sedang mudik atau liburan. Dengan doa ini insyaallah kita akan selamat dan selalu dalamlindungan ALLAH SWT.

doa perjalanan jauh

Dan langsung saja berikut ini teks bacaan doa dalam perjalanan menurut ajaran islam lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan indonesianya. Semua kumpulan do’a dibawah ini dibaca ketika anda akan bepergian / safar baik dekat ataupun jauh.

Doa Bepergian Menggunakan Kendaraan

Apabila dalam perjalanan dan akan menggunakan kendaraan, maka saat hendak naik kendaraan bacalah doa ini :

سُـبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَاذَ وَ مَا كُنَّا نَـحْنُ مُـقْرِنِيْنَ وَ إِنَّ اِلىَ رَبِّنَا لَـمُنْقَلِبُوْنَ

Alhamdulillah, subhaanal ladzii sakhkhara lanaa, haadza wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa inna ila rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya : Segala puji hanya miliki Allah, Maha Suci Allah yang telah menjinakkan bagi kami kendaraan ini, padahal sebelumnya kami takkan mampu menguasainya, dan sungguh kami nanti akan pulang kembali kepada Tuhan kami.

Setelahnya dilanjut dengan membaca doa dibawah ini :

الْحَمْدُ لِلّٰهِ (×3)، اللهُ اَكْبَرُ (×3)، سُبْحانَكَ اِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي، اِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ اِلَّا اَنْتَ

Alhamdulillah (3x), Allahu akbar (3x), Subhaanaka laa ilaha illa anta, qad dzalamtu nafsii, faghfir liy, innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya : Segala puji bagi Allah, Allah maha besar, Maha Suci Engkau, tiada Tuhan melainkan Engkau, aku telah menganiaya diriku sendiri, maka ampunilah aku, karena, sesungguhnya tiadalah yang dapat mengampuni dosa itu melainkan Engkau.

Doa dalam Perjalanan (Safar)

Selajutnya inti dari doa safar, doa ini dibaca saat dalam perjalanan jauh/dekat dan sedang bepergian. Berikut bacaan doanya :

 اللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْاَلُكَ فِي سَفَرِنَا هٰذَا: الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هٰذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ. اللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْاَهْلِ. اللّٰهُمَّ اِنِّي اَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَاٰبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْاَهْلِ

Allahumma inna nas aluka fii safarinaa hadzal birrow wattaqwa, waminal ‘amali maa tardho. Allahumma hawwan ‘alainaa safaronaa hadza wathwi ‘annaa bu’dah. Allahumma Antashohibu fiissafari wal kholifatu fiil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’taa issafari wa kaabatil mandzori wa suu ilmunqolabi fiil maali wal ahli.

Artinya : Ya Allah, kami mohon kepadamu dalam perjalanan ini kebajikan katakwaan dan amal yang Engkau ridhoi Ya Allah, ringankanlah atas kami perjalanan ini, dekatkanlah jaraknya perjalanan ini, Ya Alloh Engkaulah temanku dalam perjalanan ini dan Engkaulah sebagai pengganti yang melindungi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari pada kesusahan perjalanan ini, dari pemandangan yang menyakitkan dan dari nasib yang sial dalam harta dan keluarga.” (HR. Muslim)

Atau bisa juga ditambah juga dengan doa berikut ini :

بِسْمِ اللهِ آمَنْتُ بِاللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَ لاَ حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ. بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ, أَوْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ, أَوْ أُظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ, أَوْ أُجْهِلَ أَوْ أُجْهَلَ عَلَيَّ

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dari Allah dan dengan menyebut namaNya ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari perbuatan yang membuat aku tergelincir dalam suatu kesalahan atau aku digelincirkan orang lain, aku tersesat atau menyimpang dari kebenaran atau aku disesatkan, aku berbuat suatu kedzoliman atau aku didzolimi, aku berbuat suatu kebodohan atau aku dibodoh-bodohi.

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ وَ سَلِّمْ مِنِّيْ وَ رَدِّنِيْ سَالِمًا

Artinya : Ya Allah selamatkanlah aku dan selamatkanlah apa-apa yang aku bawa dan kembalikanlah aku dalam keadaan selamat.

اللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَ لَا تَأْخِيْرَ مَا أَجَّلْتَ

Artinya : Ya Allah, ridhoilah aku dalam menjalani ketentuanMu sehingga aku tidak senang untuk mempercepat/ menyegerakan apa- apa yang Engkau akhirkan, dan mengakhirkan apa-apa yang memang Engkau segerakan.

Selanjutnya disambung dengan membaca Ayat Kursi :

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya : Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Doa Untuk Orang Yang Ditinggalkan

Ketika anda akan bepergian, ada juga doa yang dianjurkan untuk diucapkan kepada keluarga yang akan ditinggalkan. Berikut ini doanya :

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِيْ لَا تَضِيْعُ وَدَائِعَهُ

Artinya : Aku menitipkan kalian (seisi rumah) kepada Allah yang mana dialah dzat yang tidak menyia-nyiakan barang titipannya.

Doa Kembali dari Bepergian

Setelah melakukan perjalanan dan anda hendak kembali menuju ke kampung halaman atau rumah anda berada. Maka bacalah doa berikut ini :

آيِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُ وْنَ

“Semoga kami kembali dalam keadaan selamat dan bertaubat, kepada Robb kami memuji.” (HR. Muslim)

Doa Memohon Keselamatan saat Perjalanan

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud & Tirmidzi)

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Artinya : Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya. niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi & An Nasai)

Itulah Bacaan Doa dalam Perjalanan Jauh dan Ketika Bepergian Agar Selamat sampai tujuan dan terhindar dari segala macam bahaya yang ada di jalan. Semoga doa bepergian diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk istiqomah mengamalkannya. Insyaallah dengan membacanya, maka anda akan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk selalu berdzikir selama dalam perjalanan. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar