Doa Dalam Kesulitan Hidup dan Ketika Menghadapi Masalah Besar

Doa Dalam Kesulitan Hidup dan Ketika Menghadapi Masalah Besar

Doa yang dibagi kali ini adalah bacaan doa dalam kesulitan hidup dan doa ketika menghadapi masalah besar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Dalam hidup ini manusia selalu diuji oleh ALLAH SWT dengan berbagai macam masalah dan cobaan yang berat dan rumit. Kita tentu harus menjalaninya dengan sabar dan ikhlas serta terus berdoa ketika dalam kesulitan.

Doa Dalam Kesulitan Hidup dan Ketika Menghadapi Masalah Besar

Kita juga tidak tahu hikmah dari sebuah masalah dan kesulitan hidup. Padahal jika kita sabar dan tawakkal / memasrahkan semuanya kepada ALLAH SWT, maka yakinlah setelah itu kita akan diberi kemudahan dan akan muncul sebuah pertolongan. ALLAH SWT berfirman dalam kitab suci Al-Quran sebagai berikut :

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Artinya:“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (Surat Alam Nasyroh ayat 5)

سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Artinya:“Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (Surat Ath Tholaq ayat 7).

Jelaslah bahwa setelah kesulitan akan datang kemudahan yang dijanjikan oleh ALLAH SWT. Jadi berusahalah untuk menyelesaikan masalah disertai dengan berdoa agar keluar dari kesulitan hidup baik itu masalah keuangan, hutang piutang, pekerjaan, rumah tangga hingga berbagai macam masalah dan kesulitan lainnya. Dengan bermunajat dan berdoa memohon kepada ALLAH SWT, maka ALLAH SWT akan membantu dan menolong kita serta memberi jalan keluar dari masalah dan urusan yang menimpa kita.

Jika kita sombong dapat menyelesaikan masalah dengan kekuatan kita sendiri dan tidak berdoa dalam kesusahan yang menimpa kita, maka siapa lagi yang akan menolong kita. Bukankah ALLAH SWT adalah sebaik baik penolong. Jika semua usaha dan doa sudah kita kerjakan, maka yang tak kalah penting adalah pasrah dan menerima semua keadaan dengan sabar. Yakinlah bahwa itu adalah yang terbaik bagi anda.

Nah, untuk lebih jelasnya simak berikut ini teks bacaan doa dalam kesulitan keuangan, kehidupan dan kesulitan lainnya lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menghadapi Kesulitan Hidup

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَلِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ رَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

La Ilaha Illallahul Azimul Halim, La Ilaha Illallahu Rabbul Arsyil Azhim, La Ilaha Illallah Rabbus Samawati wa Rabbul Ardhi wa Rabbul Arsyil Karim

Artinya: “Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun. Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah Pemilik ‘arsy yang agung. Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah pemilik langit, pemilik bumi dan pemilik ‘arsy yang mulia.” (HR. Bukhari no. 7426 dan Muslim no. 2730)

للَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةً۬ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدً۬ا

Rabbana Aatinaa miladunka rohmata, wahayyaa lanaa min amrinaa rosadaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.” (QS. Al-Kahfi: 10).

Demikianlah teks bacaan doa dalam kesulitan dan doa menghadapi masalah lengkap bahasa arab, latin dan artinya yang bisa kami bagikan. Semoga dengan mengamalkan dan membaca doa diatas, kita dimudahkan menghadapi segala macam urusan, permasalahan dan kesulitan hidup. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar