6 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Kemudahan

6 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Kemudahan

Pembahasan kali ini adalah mengenai 6 bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan diberi kemudahan lengkap tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Jadi selain berusaha dan bertawakkal, kita juga harus memohon kepada ALLAH SWT dengan membaca doa agar diberi kemudahan dan kelancaran menghadapi masalah, ujian dan cobaan hidup.

Dengan berdoa, maka semua urusan akan dimudahkan oleh ALLAH SWT mulai rezeki, hajat, jodoh, pekerjaan, ucapan dan lain sebagainya. Karena sesungguhnya tiada daya dan upaya kita sebagai makhluk yang lemah. Hanya ALLAH SWT lah yang mampu mengubah sesuatu, menolong kita dan memudahkan segala macam urusan dan permasalahan kita baik di dunia hingga di akhirat kelak.

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Kemudahan

Jadi jangan sampai anda lewatkan seharipun tanpa berdoa memohon kepada ALLAH SWT. Apalagi ketika anda menghadapi kesulitan dan kesusahan, maka haruslah anda memanjatkan doa supaya dimudahkan segala urusannya.

Lalu bagaimana lafadz doa agar diberi kemudahan yang benar sesuai sunnah? Anda bisa membaca doa apa saja, mintalah kepada ALLAH SWT dengan bahasa dan kata kata anda sendiri. Namun ada beberapa doa yang lebih afdhol tentunya seperti doa yang diambil dari Al-Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW serta doa karangan para ulama. Dan kumpulan lafadz doa dimudahkan segala urusan dibawah ini diambil dari Al-Quran dan Hadist Nabi SAW.

Dan untuk lebih  jelasnya berikut ini 6 bacaan doa agar dimudahkan segala urusan lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. Dengan begitu kita paham apa makna dan isi kandungan dari doa yang kita baca.

Doa Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran

 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Alloohumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlaa.

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ

Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al haqqi wa anta khairu al faatihiin.

Artinya: “Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisyrokhlii shodrii wayassirlii amrii wahlul ‘uqdatam millisaanii yahqohuu qoulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (Qs At Thaha 25-18) / (Doa Nabi Musa AS)

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada

Artinya : “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”. (Q.S. Al-kahfi : 10)

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.”

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (Qs Al Baqarah ayat 286)

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

“Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ishmatu amri, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii akhirotii al latii fii haa ma’aa dii, waj’ali al hayatu dziyaadatan lii fii kulli kahir, waj’ali al mauta raa hatan lii min kulli syarri.”

Artinya: “Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan.” (HR. Muslim).

Demikianlah kumpulan teks bacaan doa agar dimudahkan segala urusan dan diberi kemudahan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga dengan membaca lafadz doa diatas, segala permasalahan, kesulitan dan ujian yang datang baik di dunia hingga akhirat bisa mendapatkan kemudahan dan kelancaran berkat pertolongan ALLAH SWT. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar