Doa Agar Anak Sholeh, Penurut, Cerdas dan Sukses Arab, Latin, Artinya

Doa Agar Anak Sholeh, Penurut, Cerdas dan Sukses Arab, Latin, Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan doa agar anak sholeh, penurut, cerdas dan sukses lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Sebagai orang tua tentaunya kita menginginkan yang terbaik untuk anak anak kita. Selain mendidiknya dengan ajaran agama islam dan pendidikan akhlak yang baik, tentunya para orang tua tidak boleh berhenti untuk berdoa agar anak sholeh dan sholehah sehingga anak kita rajin beribadah dan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Karena mustahil anak kita menjadi anak yang sholeh, rajib, dan tidak nakal jika kta tidak mendidiknya dan mengajarinya sejak dini. Semuanya juga harus ditunjang dengan membaca doa agar anak pintar dan cerdas otaknya. Insyaallah dengan memohon dan bermunajat kepada ALLAH SWT, maka doa para orang tua akan dikabulkan. Hal ini karena doa orang tua kepada anak-anaknya sangat mustajab dan ampuh sehingga pastilah dikabulkan ALLAH SWT.

Doa Agar Anak Sholeh, Penurut, Cerdas dan Sukses Arab, Latin, Artinya

Jika anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta rajibn belajar, tidak nakal dan penurut, maka hal ini adalah anugrah bagi orang tua. Kelak anak yang sholeh akan mendoakan orang tuanya ketika sudah meninggal. Dalam sebuah hadits dikatakan sebagai berikut :

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah,atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain dan anak yang sholeh yang berdoa untuknya.” (Hadith Sahih – Riwayat Muslim).

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَشَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

“Tiga doa yang mustajab dan tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa musafir dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud; hasan)

Intinya, berdoa agar anak sukses dunia akhirat haruslah dilakukan orang tua setiap harinya secara terus menerus. Insyaallah anak kita akan berbakti kepada orang tuanya semasa di dunia dan mendoakan orang tuanya ketika sudah meninggal. Lalu seperti apa lafadz doa agar anak penurut dan tidak nakal serta baik dalam segala halnya, tentunya anda bisa saja berdoa dengan doa apa saja menggunakan bahasa dan kata kata anda sendiri. Namun kali ini akan dishare doa doa yang berasal dari ayat ayat suci Al-Quran dan hadits Nabi SAW serta doa doa mustajab dan ampuh lainnya yang khusus bagi orang tua yang ingin mendoakan anak-anaknya.

So, simak dibawah ini kumpulan bacaan doa agar anak sholeh, penurut, pintar dan rajin lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya supaya bisa dimengerti makna dan isi kandungan  doanya.

Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah

اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ . اَللهم بَارِكْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي وَاحْفَظْهُمْ وَلَاتَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ اَللهم اَتِنِي رِضَاكَ فِي الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَالشَهَادَةِ وَالْمَغْفِرَةِ

Artinya:Yaa Allah jadikan anak-anakku ahli ilmu dan ahli kebaikan dan jangan jadikan mereka ahli keburukan dan ahli madhorot .Yaa Allah berikanlah keberkahan pada keturunanku dan peliharalah mereka dan jangan timpakan keburukan kepada mereka dan karuniakan aku dengan kebaikan mereka. Yaa Allah berikan aku ridhomu di dunia dan dan di akherat dan akhirilah hidup kami dengan kebahagiaan dan bacaan syahadat dan ampunan.

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila

Artinya:“Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an)” (HR.Bukhari)

 

Doa Agar Anak Cerdas dan Sukses

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya:“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

Doa Orang Tua Untuk Kebaikan Anak-Anaknya

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Artinya: Ya Allah.. Berikan kebaikan yang banyak pada anak-anakku, jagalah mereka dan jangan kau celakakan mereka. Karuniakanlah kami ketaatan mereka..”

Doa Agar Anak Rajin Sholat dan Beribadah

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya : Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (Surat Ibrahim Ayat 40)

Doa Untuk Kebaikan Anak

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Robbiy habliy mil ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka sami’ud du’a’

Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa. (Surat Ali ‘Imran Ayat 38)

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

Artinya:“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

Doa Agar Anak Pintar

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah

Artinya:Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.

Doa Agar Anak Beriman dan Bertakwa

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama

Artinya:Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs.al-Furqon : 74).

Demikianlah selayaknya sebagai orang tua kita selalu berusaha berdoa agar anak sholeh dan sholehah. Namun selain membaca doa agar anak pintar, cerdas dan sukses, kita sebagai orang tua juga jangan lupa untuk mendidik mereka dengan cara cara yang benar supaya benar benar menjadi anak yang baik, penurut, tidak nakal dan rajib beribadah serta berbakti kepada kedua orang tuanya. Berikut dibawah ini beberapa kiat kiat dan tata cara dalam mendidik anak agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah menurut Al Habib Abdullah bin Alawy Al Haddad.

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Sholeh dan Sholehah

1. “Apabila kalian ingin agar anak-anak kalian menjadi anak yang cerdas dalam berfikir (tangkas), maka lazimkan agar banyak bergerak.”

2. “Apabila kalian ingin agar mereka menjadi anak yang sehat maka lazimkan agar bangun akhir malam.”

3. “Apabila kalian ingin agar mereka bercahaya hatinya dan pemahamannya terbuka, maka lazimkan agar sedikit makan dan rasa lapar.”

4. “Apabila kalian ingin agar mereka berakhlaq bagus maka lazimkan untuk berteman dengan teman yang bagus serta kalian jaga dari teman-teman yang jahat.”

5. Apabila kalian ingin agar mereka memiliki rasa kasih sayang, maka lazimkan mereka untuk mencari ilmu di selain kampungnya dan carikanlah guru selain kalian.”

6. Apabila kalian ingin agar mereka menjadi anak yang shaleh, maka jangan kalian agungkan urusan dunia di hadapan mereka.”

7. “Apabila kalian ingin agar mereka menjadi waliyullah dan selalu dalam hidayah, maka lazimkan mereka untuk makan makanan halal, serta kalian jaga dengan sungguh-sungguh ¬ dari perkara syubhat.”

8. “Apabila kalian ingin agar mereka mempunyai sifat dari sifat-sifatnya orang mulia, maka pilihlah baginya ibu dari keluarga yang mulia.”

9. “Apabila kalian ingin agar mereka menghormati dan memuliakan kalian, maka jangan banyak berkata kasar yang memberatkan mereka dan jangan banyak berkata lembut yang membuat mereka meremehkannya. Akan tetapi berkatalah kepada mereka seperlunya saja.”

10. “Apabila kalian ingin agar urusan mereka selau dipegang oleh Allah Swt., maka jangan memperbanyak lemah lembut/kasihan kepada mereka.”

11. “Apabila kalian ingin agar mereka selalu beruntung dalam urusan agama dan dunianya, maka wajib untuk kalian selalu ikhlas dalam segala amal dan jauhilah perkara haram dan syubhat.”

12. Apabila kalian ingin agar mereka menjadi pemberani, maka lazimkan kepada mereka untuk dermawan.”

13. “Apabila kalian ingin agar mereka bebas dari sifat-sifat munafik, maka lazimkan mereka untuk shalat berjamaah di masjid pada awal waktu.”

14. “Apabila kalian ingin agar mereka selalu khusyuk dan takut kepada Allah Swt., maka lazimkanlah kepada mereka al-Quran di waktu sahur.”

15. “Apabila kalian ingin agar mereka dijaga dari setiap bencana, maka lazimkan mereka untuk beristighfar di waktu sahur (sebelum Shubuh).”

Demikianlah tata cara dalam mendidik anak dan teks bacaan doa agar anak sholeh, penurut, cerdas dan sukses lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan mengamalkan lafadz doa diatas, maka anak anak kita akan menjadi anak yang rajin, pintar dan tidak nakal serta sholeh dan sholehah. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar