jawaban adzan

Cara Menjawab Adzan dan Iqomah yang Benar Sesuai Sunnah

Saat adzan dan qomah dikumandangkan oleh muadzin, kita disunnahkan untuk menjawabnya. Cara menjawab adzan dan iqomah sendiri mudah dan tidaklah rumit. Sebagian besar jawaban adzan dan iqomah sama dengan apa yang diucapkan oleh muadzin. Hanya dibeberapa kalimat saja jawabannya berbeda.

Perbedaan tersebut terletak hanya pada lafadz “Hayya alash shalah“, “Hayya alal falah” danAshsalatu khairum minan naum” pada adzan subuh. Selebihnya sama dengan yang dikumandangkan muadzin. Meski begitu masih banyak dari kita yang awam dan belum mengerti betul bagaimana cara menjawab adzan yang benar sesuai sunnah.

jawaban adzan

Maka dari itu langsung saja simak berikut ini cara menjawab adzan dan iqomah yang benar lengkap dalam lafadz bahasa arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesianya supaya kita paham makna dan maksud dari apa yang kita baca.

Jawaban Adzan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Jawaban adzan hampir semuanya persis dengan yang dikumandangkan oleh muadzin, namun ketika sampai pada kalimat “Hayya alash shalah” dan “Hayya alal falah” maka dijawab seperti berikut ini :

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

La haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim

Artinya : Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Jawaban adzan subuh

Jawaban adzan subuh sama seperti adzan lainnya, namun pada saat muadzin mengumandangkan “Ashsalatu khairum minan naum“, maka dijawab seperti dibawah ini :

صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين

Shadaqta wa bararta wa ana ‘ala dzalika minasy syahidin

Artinya : Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu.

Jawaban Iqomah

Saat iqamah dikumandangkan dan sampai pada kalimat “Qad Qaamatish Shalaah“, maka jawabannya adalah seperti berikut ini :

أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى أهلها

“Aqaamahallahu wa adaamahaa waja’alani min shaalihi ahliha”

Artinya : Semoga Allah mendirikan shalat itu dengan kekalnya, dan semoga Allah menjadikan aku ini, dari golongan orang-orang yang sebaik-baiknya ahli shalat.

Sedangkan untuk doa setelah iqomah, berikut ini bacaan doanya :

الّلهمّ ربّ هذه الدّعوة التّامّة والصّلاة القائمة صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد واته سؤله يوم القيامة

Allaahumma rabba hadzihid da’watit taammati wash-shalaatil qaa-imati, shalli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa aatihi su’lahu yaumal qiyaamati

Artinya : Ya allah Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan memiliki shalat yang ditegakkan, curahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, dan berilah/kabulkan segala permohonannya pada hari kiamat.

Demikianah cara menjawab adzan dan iqomah yang benar sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan yaitu dengan menjawab setiap seruan adzan yang dikumandangkan. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar