Bacaan Ruku’ Dalam Sholat yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Bacaan Ruku’ Dalam Sholat yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Kali ini akan dibahas tentang bacaan ruku’ dalam sholat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Gerakan ruku’ dilakukan setelah selesai membaca surat, lalu mengangkat kedua tangan setinggi telinga seperti saat takbiratul ihram seraya membaca “Allahu Akbar”, kemudian badan membungkuk dan tangan memgang lutut.

Bacaan Ruku' Dalam Sholat yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Diwajibkan untuk tuma’ninah pada saat melakukan rukuk. Tumani’nah adalah diam sejenak, minimal sepanjang bacaan “subhanallah”. Sedangkan untuk bacaan ruku’ hukumnya adalah sunnah, jadi boleh dikerjakan boleh juga tidak. Namun hendaknya tetap membaca doa ruku’. Bacaan rukuk saat menjadi imam dan makmum sama saja. Antar shalat wajib 5 waktu dengan shalat sunnah juga tidaklah berbeda. Doa ketika ruku’ ini dibaca sekali untuk minimalnya dan sempurnanya dibaca tiga kali.

Nah, ada beberapa bacaan doa ruku’ yang bisa dibaca, namun kali ini akan dishare bacaan ruku’ yang paling umum dibaca. Untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan ruku’ yang benar sesuai sunnah Rasulullah SAW lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa Ruku’ Dalam Sholat

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

”Subhana rabbiyal’adhimi wabihamdih” (3x)

Artinya: Mahasuci dan Maha Agung Allah, segala puji bagiNya.

Demikianlah bacaan ruku’ sesuai sunnah yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa ruku’ ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk dibaca ketika rukuk agar shalat kita lebih baik dan sempurna. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar