Bacaan Niat Sholat Jumat Yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan niat sholat jumat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz niat sholat jumat ini cukup pendek dan tidak panjang sehingga mudah dihafal. Secara umum hampir sama dengan niat shalat lainnya, hanya ada sedikit perbedaan saja. Bacaan niat ini dibaca ketika kita akan mengerjakan ibadah shalat jum’at. Kami share niatnya baik ketika menjadi makmum maupun sebagai imam.

Sholat jum’at sendiri adalah shalat yang dilaksanakan pada hari jumat dan dikerjakan secara berjamaah dengan minimal 40 jamaah. Hukum mengerjakan sholat jumat adalah wajib bagi muslim laki laki yang baligh dan berakal, sedanhkan untuk wanita tidaklah wajib dan cukup mengerjakan shalat dhuhur di rumah saja. Sedangkan bagi laki laki, shalat jumat ini sekaligus sebagai pengganti shalat dhuhur.

niat sholat jumat

Dan selengkapnya berikut ini bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap dalam teks arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dipahami makna dan isi kandungannya. Terdapat dua bacaan yaitu lafadz niat shalat jumat untuk makmum dan juga untuk imam.

Niat Sholat Jumat Sebagai Makmum

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala.

Niat Sholat Jumat Sebagai Imam

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya : Saya niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala.

Demikianlah bacaan niat sholat jumat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz niat shalat jum’at ini bermanfaat dan bisa dihafalkan dengan mudah. Jangan lupa juga untuk mengerjakan sunnah sunnah shalat jumat lainnya seperti memakai wewangian, pakaian berwarna putih, mandi sebelum berangkat dan sunnah sunnah lainnya. Dengan begitu ibadah sholat jum’at kita semakin sempurna dan insyaallah diterima oleh ALLAH SWT. Wallahu a’lam.

Tags:
Bacaan Niat Sholat Jumat Yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya | Khamid | 4.5