Bacaan I'tidal Dalam Sholat yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan I’tidal Dalam Sholat yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Pembahasan kali ini adalah teks bacaan i’tidal dalam sholat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. I’tidal sendiri adalah gerakan berdiri tegak selepas bangun dari rukuk. Saat melakukan itidal mengucapkan “samiallahuliman hamidah” dan kemudian dilanjut dengan membaca doa i’tidal.

Bacaan I'tidal Dalam Sholat yang Benar Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Hukum membaca doa i’tidal ini sebenarnya adalah sunnah, yang wajib hanyalah diam sejenak atau tuma’ninah. Ukurannya diam sejenak disini lamanya minimal seperti bacaan “subhanallah”. Bacaan i’tidal dalam shalat wajib 5 waktu dan shalat shalat sunnah lainnya sama saja dan tidak berbeda. Antar makmum dan saat menjadi imam pun juga sama bacaannya.

Juga ada beberapa versi dari lafadz doa i’tidal yang bisa dibaca dan amalkan ketika itidal. Semuanya benar dan boleh memakai yang mana saja, namun bacaan i’tidal yang akan dibagi kali ini adalah yang paling umum dan banyak digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut ini bacaan i’tidal sesuai sunnah yang benar dalam sholat fardhu lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa I’tidal Dalam Sholat

Saat bangun dari rukuk dan melakukan i’tidal sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga seperti saat takbiratul ihrom seraya membaca/mengucapkan :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Samiallahuliman hamidah

Artinya : Allah mendengar orang yang memuji-Nya

Kemudian bangun dari rukuk  dan pada posisi berdiri tegak (i’tidal), kemudian membaca bacaan i’tidal berikut ini :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.

Artinya :Wahai Tuhan Kami,  Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Demikianlah teks bacaan i’tidal sholat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa i’tidal yang dibagikan kali ini bisa bermanfaat dan bisa diamalkan sehingga menjadikan shalat kita semakin sempurna. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar